DPRD Karo Minta Bupati Evaluasi SKPD

KABANJAHE ( Berita ) : DPRD Karo dalam sidang paripurna istimewa dengan agenda pembahasan Lembar Kerja Penanggung Jawaban (LKPJ) bupati tahun anggaran (TA) 2011, Senin (13/8), menyesalkan lemahnya kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD), mengakibatkan Silpa cukup besar di daerah itu.

Dalam rapat dipimpin Ketua DPRD Karo Efendi Sinikaban dan Wakil Ketua Ferianta Purba dan Onasis Sitepu, masing-masing Fraksi memberikan rekomendasi atas persoalan tersebut.

“Pengutipan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) di Kabupaten Karo belum maksimal, selain itu dalam Laporan LKPJ Bupati Karo TA 2011 para SKPD belum konsisten dalam penyusunan anggaran, sehingga menimbulkan Silpa yang cukup besar. Oleh karena eksekutif harus mengevaluasi kinerja SKPD,”terang ketua DPRD.

DPRD menilai akibat kinerja yang lemah, realisasi anggaran beberapa SKPD di bawah 70 persen. Mengakibatkan banyaknya program yang tidak terealisasi sehingga Silpa sangat besar, hal itu dikarenakan terlambatnya pengesahan APBD Karo 2012,” terangnya.

Seperti salah satu contoh pembangunan taman kota disekitar DKR Kabanjahe, lanjut dikatakan ketua DPRD, yang telah dianggarkan di APBD, dimana pembangunannya tidak terlaksana, hingga dana yang ditampung menjadi Silpa mencerminkan bahwa tim anggaran eksekutif tidak cermat dalam mengusulkan anggaran.

Sementara itu,  dari Fraksi Golkar, Inganta Kembaren SH, mengatakan, bupati Karo tidak cermat dalam menentukan jabatan PNS di SKPD Karo. Hal ini mengingat banyaknya pimpinan SKPD yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas, oleh karena itu Fraksi Golkar menyarankan agar bupati Karo segera mengevaluasi dan mengubah pejabat Plt menjadi depenitif di Instansi terkait.

“Kepada Dinas PPKAD agar menyampaikan data dan melakukan sertifikasi atas aset – asset daerah. Hal ini mengingat DPP-KAD merupakan ujung tombak dari mengelolaan PAD Kar,” terangnya.

Hasil keputusan DPRD Karo, dibacakan langsung Plt Sekwan Drs. Djoko Sujarwanto, agar Pemkab Karo dapat menerima masukan saran dan kritik demi memajukan Karo menjadi lebih baik. Bupati Karo DR. HC. Kena Ukur Karo jambi Surbakti dalam pidatonya menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki segala kekurangan eksekutif.

Dalam paripurna itu, hadir anggota DPRD dari FPDIP  P Suranta Ginting SE, Fraksi Golkar Inganta Kembaren SH, Fraksi Indonesia Sejahtera Bersatu, Sumihar Salmon Sagala SH, Fraksi PAN, Makmur jambak S.Pdi, Fraksi PKPB, Eka Jaya Sitepu, Fraksi Karo Bersatu, Sentosa Sinulingga SH, dan raksi Pijer Podi Ir. Eddy Ulina Ginting.

Sekda Karo, Ir. Makmur Ginting, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta jajaran SKPD dan Badan di Pemda Karo. Selain itu dihadiri juga oleh Muspida Plus Kab. Karo. (WPS/c19)