1.505 Peserta Ujian Gelombang II di UMSU

MEDAN (Berita): Sebanyak 1.505 peserta calon mahasiswa baru mengikuti tes masuk gelombang II di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Pengumuman dilaksanakan pada 16 Juli dan registerasi ulang pada 16 Juli sampai 31 Juli 2012.
Rektor UMSU Drs Agussani MAP, Sabtu (14/7) mengatakan, meningkatnya jumlah mahasiswa baru tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Salah satunya, karena UMSU terus menerapkan system tata kelola akademik, peningkatan sarana dan prasarana, pelayanan di bidang kemahasiswaan dan pengembangan bidang usaha.
Secara bertahap kepercayaan masyarakat di Sumatera Utara saat ini terhadap UMSU cukup besar. Hal itu dibuktikan dari tingginya animo masyarakat dengan mempercayakan universitas ini mendidik anak bangsa. Bukan hanya di Sumut provinsi lain seperti Riau, Sumatera Barat dan Aceh jumlah mahasiswa juga banyak.
“UMSU bukan lagi menjadi alternatif untuk kuliah tapi sudah menjadi pilihan bagi masyarakat luas. Tantangan kedepan memang semakin berat salah satunya bagaimana peningkatan dan pembenahan universitas dan fakultas untuk tetap diperhatikan dan ditingkatkan, ujarnya.
Selain itu juga dukungan dosen berkualifikasi seperti jenjang professor, doctor (S3) dan magister (S2) berkualitas. Disisi lain tak kalah pentingnya kata Agussani adalah pembenahan dan peningkatan layanan akademik dan non akademik di semua fakultas yang ada di UMSU.
Untuk itu grand desain yang telah dilakukan jangka pendek ini selama kurun waktu 5 tahun kedepan dan jangka pangjang 10 tahun akan mengadakan rapat kerja (raker) universitas dimaksudkan untuk menyusun perencanaan dibawah kendali mutu.
“Kita dalam waktu dekat ini akan mengundang pimpinan universitas dan pimpinan fakultas dan kepala program studi (prodi) untuk membahas bagaimana mengelola perguruan tinggi yang baik seperti yang diharapkan masyarakat Sumut,” tambahnya.
Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2012/2013 UMSU Dr Muhyarsyah didampingi Sekretaris Panitia Yudi Siswadi SE MSi menjelaskan, pendaftaran mahasiswa baru dilakukan mulai 23 Juni sampai 13 Juli 2012.
Wakil Rektor I Bidang Akademik UMSU ini juga mengatakan,materi ujian untuk seleksi calon mahasiswa baru UMSU menggunakan pola tes potensi akademik (TPA) meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika dan penalaran dan kemampuan spesial. Khusus untuk fakultas kedokteran materi ujian sama seperti diatas dan ditambah dengan psikotes dan wawancara.
Dari 1.237 calon mahasiswa yang mengikuti tes masuk gelombang I yang dilakukan pada 23 Juni 2012 sebanyak 1.167 orang peserta dinyatakan lulus termasuk 51 orang bebas tes rangking 5 besar di sekolahnya. Masa perkenalan mahasiswa baru (MPMB) akan dilaksanakan pada 10-15 September dan perkuliahan awal akan dilakukan pada 17 September 2012.(aje)