Rekrutmen Panwas Kab/Kota se Sumut Mengacu UU 15/2011

*Berusia Paling Rendah 30 Tahun

MEDAN (Berita): Rekrutmen Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Panwaslukada) Kabupaten/Kota se Sumatera Utara mengacu kepada Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Panwaslukada Zulkarnain Nasution didampingi Sekretaris Juni Sitanggang dan Anggota Sofyan Shauri Nasution serta Ketua Panwaslukada Sumut David Susanto, Pimpinan Panwaslukada Sumut Ahmad Solihin serta Ester Ritonga di Sekretariat Sementara Panwaslukada Sumut, Rumah Kopi Demokrasi, Villa Polonia Indah, Jalan Perhubungan, Medan, Rabu (04/07/) sore.

“Dalam rekrutmen Panwas Kabupaten/Kota, kita mengacu kepada kepada UU No 15 Tahun 2011 bukan UU 22 Tahun 2007 sebagaimana yang disampaikan sebelumnya, sehingga usia minimal Panwas Kabupaten/Kota adalah 30 tahun bukan 35 tahun,” ujar Zulkarnain.

Selain perubahan usia minimal, persyaratan lainnya untuk menjadi Panwas Kabupaten/Kota tetap sebagaimana disampaikan sebelumnya antara lain berpendidikan paling rendah Strata Satu (S-1), berdomisili di wilayah Kabupaten/Kota masing-masing yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk serta tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu.

Pelamar mengajukan surat lamaran yang ditujukan kepada Tim Seleksi Panwaslukada Provinsi Sumatera Utara dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), pasfoto warna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar, daftar riwayat hidup, fotokopi surat kenal lahir/akte kelahiran, fotokopi ijazah paling rendah S-1 yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, surat Keterangan hasil pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani dari rumah sakit/puskesmas.

Calon Panwas Kabupaten/Kota juga harus membuat surat pernyataan diri yang ditandatangani di atas materai Rp6.000 yang menyatakan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Tidak pernah menjadi anggota partai politik; atau bagi yang pernah menjadi anggota partai politik melampirkan surat keterangan dari pengurus partai politik bahwa yang bersangkutan tidak lagi menjadi anggota partai politik dalam jangka waktu 5 tahun terakhir.

Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan hukum tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih tidak termasuk tindak pidana politik dan/atau tindak pidana karena kealpaan (dapat dipenuhi pada saat wawancara).

Tidak sedang menduduki jabatan politik, jabatan struktural, dan jabatan fungsional dalam jabatan negeri. Bersedia bekerja penuh waktu, bersedia tidak menduduki jabatan di pemerintahan dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) selama masa keanggotaan. Dan tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelengara Pemilu.

“Pelamar dapat melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi calon. Berkas para calon dibuat masing-masing rangkap tiga, terdiri dari satu asli dan  dua fotocopi,” ungkap Zulkarnain Nasution Berkas pendaftaran dapat diantar secara langsung ataupun dikirim melalui Pos Tercatat pada hari kerja mulai tanggal 4 s/d 18 Juli 2012, pukul 09.00 s/d 17.00 WIB ke sekretariat Tim Seleksi Panwaslukada Panwaslu Sumut, Jalan Airlangga No 16 B Medan 20112. Contact Person: Adriani, SS: 081361452788; Riri: 081370295528; Fitri: 08126356102. “Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di website Bawaslu: www.bawaslu.go.id,” tandas Zulkarnain.(irm)