Panwaslu Sumut Bentuk Timsel Calon Angota Panwaslu Kabupaten/Kota

MEDAN(Berita): Panwaslu Sumut membentuk tim seleksi (Timsel) Calon Anggota Panwaslu Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara tahun 2013.Timsel akan bekerja untuk merekrut anggota Panwaslu se Sumatera Utara.

“Timsel Panawsluka Kabupaten dan Kota se Sumatera Utara ini terdiri dari, Ketua Drs Zulkarnain Nasution MA, Sekretaris Juni Sitanggang dan Anggota Sofyan Sauri. Mereka akan bekerja merekrut keanggotaan Panwaslukada Kabupaten dan Kota di Sumut, minum Kota Padangsidempuan,”kata Ketua Panwaslu Sumut David Susanto didampingi Pimpinan Anggota Panwaslu Sumut, Ahmad Solihin dan Ester Ritonga serta Timsel Panwaslu Kabupaten/Kota se Sumut yakni Zulkarnain Nasution, Juni Sitanggang dan Sofyan Sauri dalam acara penyerahan SK Timsel Panwaslu Kabupaten/Kota se Sumut di Kafe Rumah Kopi Demokrasi Jalan Perhubungan Udara Medan, Senin [02/07].

David Susanto berharap Timsel Panwaslu Kabupaten/Kota se Sumut benar-benar menjalankan tugasnya menjaring para calon anggota Panwasluda kabupaten/kota se Sumut yang nantinya akan dikirim ke Panwaslu Sumut. Sehingga calon anggota Panwaslukada Kabupaten/Kota yang akan ditetapkan nantinya benar-benar orang yang mampu dan memiliki keberanian dan ketegasan dalam mengawasi setiap proses pelaksanaan Pilgubsu 2013,”kata David Susanto.

Sementara Ketua Timsel Calon Anggota Panwaslukada Kabupaten/Kota se Sumut menyatakan, pihaknya akan bekerja maksimal melakukan penjaringan calon anggota Panwaslukada Kabupaten/Kota se Sumut.Dia menjelaskan, pihaknya mulai tanggal 4 Juli hingga 18 Juli 2012 membuka pendaftaran bagi kalangan masyarakat kabupaten dan kota di Sumut yang ingin menjadi Anggota Panwaslukada kabupaten dan kota di sekretariatnya Jalan Airlangga No 16 B Medan.

Dia menjelaskan, adapun syarat-syaratnya yakni WNI berusia paling rendah 35 tahun, memiliki integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, serta pengetahuan dan keahlian di bidang berkaitan dengan pengawasan. Selain itu, berpendidikan paling rendah strata satu (S1) dan berdomisili di wilayah kabupaten/kota masing-masing yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP).

Kemudian, lanjut Zulkarnain, pelamar diminta untuk mengajukan surat lamaran yang ditujukan ke Timsel Panwaslukada Kabupaten/Kota se Sumut dengan dilampiri foto copy KTP, Pas Photo 4×6 sebanyak 2 lembar, membuat daftar riwayat hidup, foto copy akte kelahiran, dan foto copy ijazah paling rendah S1 yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang serta surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit pemerintah atau Puskesmas.Selain itu, pelamar juga diwajibkan membuat surat pernyataan diri ditandatangani materai Rp6000 dengan menyatakan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Selain itu pernyataan tidak pernah menjadi anggota partai politik atau bagi yang pernah menjadi anggota partai politik, agar melampirkan surat keterangan dari pengurus partai politik dengan melampirkan surat keterangan dari pengurus partai politik baha yang bersangkutan tidak lagi menjadi anggota dalam waktu lima tahun terakhir.

Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan hukum tindak pidana, yang diancam pidana 5 tahun atau lebih tidak termasuk tindak pidana politik dan atau tindak pidana karena kealpaan.

“Selain itu pernyataan tidak sedang menduduki jabatan politik, jabatan struktural dan jabatan fungsional dalam jabatan negeri.Bersedia penuh waktu dan bersedia tidak menduduki jabatan di pemerintahan dan BUMN atau BUMD selama masa keanggotan,”katanya.

Zulkarnain menyatakan, berkas pendaftaran dapat diantar langsung atau dikirim melalui pos tercatat pada hari kerja mulai tangal 4 Juli hingga 18 Juli 2012, pukul 09.00 wib hingga 17.00 wib ke Sekretariat Timsel Panwaslukada Sumut di Jalan Airlangga No 16 B medan 20122.”Informasi secara detail atau lengkapnya mengenai persyaratan diharapkan datang langsung ke Sekretariat,”katanya.(irm)