Hasil UN SMA Diumumkan 26 Mei 2012

MEDAN (Berita): Hasil Ujian Nasional (UN) tahun 2012 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) , Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta Madrasah Aliyah (MA) di Sumatera Utara (Sumut) akan diumumkan serentak pada Sabtu, 26 Mei 2012.
Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Kadisdiksu) Syaiful Syafri mengatakan hasil UN tahun 2012 tingkat SMA sederajat di Sumut baru akan diumumkan pada Sabtu (26/5) mendatang, hal ini dikarenakan belum menerima hasil Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2011/2012 dari Kementerian Pendidikan Nasional. “Hingga hari ini kami belum menerima hasil UN Sumut dari Kemdiknas, dimana sesuai rencana akan diumumkan serentak pada 26 Mei mendatang,”ujarnya didampingi Sekretaris Disdiksu Bahaudin Manik kepada Wartawan di ruang kerjanya, Kantor Disdiksu Jalan Cik Ditiro No.1 D Medan, Rabu (23/5).
Dijelaskannya, pengumuman resmi hasil UN tahun 2012 secara nasional akan diumumkan pada Kamis (24/5], sedangkan pengumuman hasil UN siswa peserta di masing-masing sekolah di seluruh kabupaten /kota di Indonesia termasuk Sumut akan diumumkan pada hari Sabtu (26/5).
“Hasil tingkat kelulusan UN tahun 2012 akan diumumkan besok (hari ini-red) untuk kemudian Master pengumuman hasil UN tersebut pada hari Jumat (25/5) akan langsung diberikan kepada seluruh kepala Dinas Pendidikan atau panitia UN¬† Kabupaten/Kota di Sumut kemudian dikirimkan kepada seluruh kepala sekolah di Sumut untuk mengumumkan hasilnya hari Sabtu (26/5), “katanya.
Disinggung soal tingkat kelulusan siswa Sumut tingkat SMA sederajat pada UN tahun 2012 ini, Syaiful belum mau merinci tingkat kelulusan siswa Sumut. Namun, dia menyebutkan berdasarkan informasi tim panitia Disdiksu yang saat ini berada di Kemdiknas, Jakarta tingkat kelulusan siswa Sumut mengalami peningkatan dari tahun lalu.
“Sabar ya, saya belum bisa membeberkan angkanya. Namun, informasi yang saya peroleh¬† tahun ini tingkat kelulusan siswa Sumut mengalami peningkatan dari tahun lalu,”ujarnya seraya mengharapkan kepada seluruh kepala dinas kabupaten/kota dan panitia penyelenggara UN untuk dapat menghadiri serah terima hasil UN tahun 2012 pada Jumat (25/5) di kantor Disdiksu Sumut.
Dikesempatan itu, Syaiful juga menghimbau kepada seluruh kepala sekolah di Sumut untuk mempersiapkan seluruh keperluan jelang pengumuman hasil UN, seperti papan pengumuman.Dan, kepada para peserta UN yang nantinya dinyatakan lulus jangan langsung berbangga hati dengan euforia kelulusan tersebut.Karena, harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012.
Serta, kepada siswa peserta UN yang nantinya belum dapat lulus, harapnya, untuk tidak langsung berkecil hati karena masih ada ujian kesetaraan paket C, yang akan dilaksanakan pada pertengahan Juli 2012 mendatang atau bisa mengulang pada UN tahun berikutnya.
Syaiful pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat sumut yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan UN baik tingkat SMA, Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Sekolah Dasar (SD) tahun 2012, meskipun diakuinya, masih banyak terjadi kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaannya.
Diketahui, Tahun ini jumlah peserta UN tingkat SMA sederajat Sebanyak 195.089 siswa. SMA sebanyak 101.764 orang, MA sebanyak 19.611 orang dan SMK sebanyak 73.723 orang.(aje)