USU Buka Pendaftaran Online SNMPTN 2012

MEDAN (Berita): Universitas Sumatera Utara (USU) mulai membuka pendaftaran online untuk ujian tertulis SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2012, Kamis [10/5] hari ini hingga 31 Mei 2012.

Demikian disampaikan Ketua dan Sekretaris Panitia Lokal USU Prof Ir Zulkifli Nasution MSc PhD dan Ir Saipul Bahri Daulay MSc di Kantor Panlok Kampus USU, Rabu [9/5].
Zulkifli menyebutkan tahapan pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tertulis ini dimulai dengan melakukan pembayaran di Bank Mandiri atau Kantor Pos bagi daerah yang tidak tersedia layanan Bank Mandiridengan menggunakan tanggal lahir sebagai identitas.

Penulisan tanggal lahir ialah dengan format (ddmmyy) Contoh : 1 Februari 1991, maka yang diinput menjadi 010291.Setelah melakukan pembayaran, siswa akan mendapatkan PIN dan KAP ( Kode Akses Pendaftaran).

Selanjutnya dengan menggunakan PIN dan KAP, siswa atau peserta melakukan login ke laman http://www.ujian.snmptn.ac.id untuk mengisi borang. Setelah mengisi borang peserta dapat mencetak kartu ujian sembari menunggu waktu mengikuti seleksi ujian tertulis sesuai jadwal.

Biaya pendaftaran untuk mengikuti seleksi jalur ujian tertulis SNMPTN ini Rp150 ribu per peserta untuk kelompok IPA/IPS dan Rp 175 ribu untuk kelompok IPC, dan untuk ujian keterampilan dikenakan Rp 150 ribu per ujian keterampilan (bagi yang memilih program studiyang mempersyaratkan ujian keterampilan).

Zulkifli mengingatkan, pembayaran biaya pendaftaran SNMPTN di Bank Mandiri dilakukan dengan cara mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment dengan menuliskan “Pembayaran SNMPTN Jalur Tertulis”. Selanjutnya memasukan jumlah pembayaran sesuai dengan jenis transaksi pembayaran pada kolom nominal setoran.

“Pembayaran juga dapat dilakukan melalui fasilitas Mandiri ATM, Mandiri Internet melalui akses ke situs Bank Mandiri di laman www.bankmandiri.co.id , atau melalui Mandiri SMS,” ujarnya.

Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran SNMPTN, dapat dibuka pada laman http://www.snmptn.ac.id atauhubungi Call Center SNMPTN : 0804 1 450 450, Halo SNMPTN : http://halo.snmptn.ac.id.Sedangkan untuk informasi terkait pembayaran SNMPTN di Bank Mandiri dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau kunjungi laman www.bankmandiri.co.id atau di nomor kontak (021)5299-7777.

Jadwal Pelaksanaan Ujian Tertulis dilaksanakan Selasa 12 Juni 2012 dengan materi ujian Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar. Sedangkan pada hari kedua Rabu 13 Juni 2012 dengan materi Tes Bidang Studi IPA dan Tes Bidang Studi IPS.

Dijadwalkan Pengumuman Hasil Ujian Tertulis tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2012 yang dapat diakses pada laman http://www.snmptn.ac.id .
SNMPTN2012 dilaksanakan melalui 2 jalur, pertama Jalur Undangan yang pendaftarannya telah berlangsung pada 1 Februari sampai8 Maret lalu dan hasilnya diumumkan pada 28 Mei 2012 dan saat ini baru dimulai pendaftaran bagi seleksi ujian tertulis.

Melalui jalur SNMPTN ujian tertulis ini, USU untuk tahun akademik 2012/2013 memperkirakan akan menerima sebanyak 3.117 mahasiwa baru yang akan menempati kursi di 47 program studi S-1 reguler.

Panitia Lokal (Panlok) 15 USU juga menyediakan layanan Help Desk dengan alamat Jl dr T Mansur No. 9-BKampus USU dengan nomor kontak yang bisa dihubungi selama hari/jam kerja (08.30 s/d 16.00 WIB) 061-8218387.(aje)