Peringati Gempa Di Jepang, Anak Palestina Terbangkan Layang-Layang,

Kota Gaza ( Berita ) :  Sebanyak 1.000 anak Palestina menerbangkan layang-layang Ahad (18/3) untuk memperingati tahun pertama gempa bumi dan tsunami di Jepang. Acara tersebut diadakan oleh Lembagai Pekerjaan dan Pertolongan PBB (UNRWA) untuk memperlihatkan solidaritas kepada Jepang.

Gempa yang memporak-porandakan dan mengguncang Jepang pada 11 Maret 2011 memicu tsunami dan kebocoran nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, sehingga 19.000 orang kehilangan nyawa atau hilang.

“Jepang telah memberi kami banyak sumbangan. Negara itu memberi kami rumah, sekolah dan banyak lagi,” kata Ahmed Taha, seorang anak yang ikut dalam kegiatan tersebut di bagian selatan Jalur Gaza, dekat proyek perumahan yang didanai Jepang buat ribuan keluarga Palestina yang tak memiliki rumah.

Kegiatan itu mestinya diadakan satu pekan sebelumnya, tapi ditunda akibat empat hari baku-tembak mematikan antara Israel dan pejuang Gaza, demikian laporan Xinhua –yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

Jepang telah menjadi pendukung utama UNRWA, yang mengurus jutaan pengungsi Palestina di Jalur Gaza, Tepi Barat Sungai Jordan, Jordania, Lebanon dan Suriah. (ant/Xinhua/Oana )