Ketua DPR usulkan Pemotongan Anggaran 20 Persen Untuk Rakyat

JAKARTA (Berita) Untuk mengurangi tekanan hidup rakyat akibat dari kenaikan harga BBM dunia, yang juga ikut menekan APBN, Ketua DPR RI Marzuki Alie mengusulkan adanya pemotongan  anggaran sebesar 20 persen yang diakomodir untuk rakyat. Pemotongan 20 persen anggaran, diakuinya merupakan solusi, apa lagi tingginya anggaran untuk program-program pembangunan terbukti sangat rentah bocor dan dikorupsi.

“Tingginya anggaran selama ini untuk program-program pembangunan pemerintah membuat anggaran rentah bocor dan dikorupsi.  Dari pada dikorupsi lebih baik semua anggaran program pembangunan pemerintah dipotong 20 persen dari yang ada saat ini, ” ujar Marzuki kepada wartawan usai memberikan pembekalan kepada siswa-siswi SMA Taruna Nusantara di Gedung DPR, Jakarta (14/3).
Namun, kata Marzukilangkah itu belum bisa dilaksanakan saat ini, sementara menaikan BBM nampaknya langkah yang harus ditempuh karena waktu yang sudah mendesak dan harga BBM dunia yang sudah tinggi.
Politisi  partai Demokrat ini mengakui tidak efisiennya pengelolaan anggaran dan banyaknya kebocoran anggaranlah yang membuat langkah menaikan BBM harus dilakukan dan selama ini program-program pembangunan pemerintah membuat anggaran rentan bocor dan dikorupsi.
“Misalnya program pembangunan infrastruktur dan pembangunan fisik lainnya. Itu masih bisa dipotong 20 persen dari anggaran yang disediakan. Gedung dan jalan masih bisa dibangun dengan pemotongan anggaran sesuai dengan standart yang ada. Syaratnya cuma satu, anggaran itu tidak dikorupsi. Saat ini anggaran yang ada memang membuat rentan  dikorupsi,” jelasnya.
Untuk itu menurut Marzuki diperlukan kesepakatan dari pengelola anggaran untuk berkomitmen untuk tidak korupsi.
”Kalau itu dilakukan akan terjadi penghematan anggaran, karena belanja barang bisa dihemat 20 persen dan itu dikembalikan pada rakyat. Pajak saja banyak yang bocor dari segi penerimaan. Lihat saja itu contohnya pegawai-pegawai pajak memiliki kekayaan yang luar biasa. Itu baru yang ketahuan, yang tidak ketahuan jumlahnya saya yakin lebih besar lagi,” kata Marzuki.
Pada sisi lain  kepada siswa SMA Taruna,  Marzuki Alie  mekekankan  bahwa salah satu tokoh dan pemimpin dunia yang pantas dijadikan sumber inspirasi adalah Nabi Besar Muhammad SAW. Pada diri Beliau, katanya melekat syarat sebagai sumber inspirasi yakni Al Amin atau orang sangat bisa dipercaya karena kejujurannya.
Karena itu, kepada seluruh siswa dan siswi SMA Taruna Nusantara, Ketua DPR berharap bisa menjadikan sifat-sifat Rasulullah sebagai teladan.  (aya)