Pemkab Dairi Laksanakan Pembinaan e- Procurement

SIDIKALANG (Berita) : Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan pembinaan teknis system  e-Procurement ( Pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik) bertempat di Pusdipra Yasasan Sada Ahmo Jalan Empat Lima Sidikalang Rabu (21/12).

Acara kegiatan pembinaan teknis system pengadaan barang /jasa pemerintah secara elektronik dibuka Bupati Dairi diwakili Sekda Drs Arsenius Marbun,MMA. Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Kabag Pembangunan Drs Marsius Sitorus ,Msi dalam laporannya mengatakan bahwa e-Procurement merupakan salah satu upaya untuk meminilisasi inefisiensi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

E-Procurement juga bertujuan untuk meningkatkan transpransi dan intepritas pemerintah dan juga menjadi salah satu inisiasi dalam rangka mencegah korupsi khususnya dibidang pengadaan barang/jasa pemerintah.

Dikatakan maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk melakukan pembinaan teknis system pengadaan barang/jasa secara elektronik kepada PNS dan rekanan kabupaten Dairi .Dengan tujuan terpenuhinya pengetahuan ,keterampilan dalam pengadaan barang /jasa secara elektronik sehingga dapat memenuhi ketentuan peraturan yang diatur dalam Peraturan Presiden RI nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang /jasa pemerintah.

Kegiatan itu dilaksanakan pada Rabu – Jumat (21-23 Desembert 2011) selama tiga hari dalam bentuk penyampaian materi dan penjelasan bagaimana cara pengaplikasian pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-Procurement).

Nara sumber ,Wasito,S.sos,Msi ,Junaidi Irwansyah,ST dari LPSE Propsu dan Drs Marsius Sitorus,Msi, Rayambong Sitohang,ST dari LPSE Kabupaten Dairi. Peserta pembinaan teknis system pengadaan barang /jasa  dari PNS dan rekanan sebanyak 50 orang terdiri dari  30 orang PNS dan 20 orang rekanan.

Bupati diwakili Sekda Drs Arsenius Marbun,MMA dalam sambutannya mengatakan sejak dilaksanakannya sistim ini ,maka pengadaan barang /jasa pemerintah secara elektronik proses pengadaannya memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi dilakukan secara elektronik berbasis web/ internet.

E-procurement merupakan salah satu upaya meminimalisasi inefisiensi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah dan strategi yang digunakan untuk menata pasar pengadaan. Disamping itu pengembangan e-procurement menjadi salah satu inisiasi dalam rangka mencegah korupsi khusus di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah.

Bupati meminta kepada peserta untuk mengikuti bimbingan teknis tersebut dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab agar nantinya mendapat pembekalan ketrampilan dan pengetahuan dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik.

Ditekankan, secara khusus kepada peserta  dari PNS setelah mendapat bekal pengetahuan dari kegiataan itu diharapkan dapat menjadi pelayan yang lebih baik dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa dilingkungan Pemkab Dairi.

Peningkatan kualitas ,pelayan public,yang diberikan oleh PNS akan meningkatkan kepuasaan masyarakat. Meningkatnya kepuasaan masyarakat atas layanan public merupakan salah satu wujud nyata dari motto Pemerintah Dairi Yaitu “Bekerja Untuk Rakyat”.(hab)