4.045 Peserta Ikuti Ujian SPMPD USU

MEDAN (Berita): Pelaksanaan ujian tulis SPMPD (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma) USU Tahun 2011 berjalan dengan aman dan lancar. Ujian ini diikuti oleh sekitar 4.045 orang peserta yang terdiri dari 1.222 kelompok IPA, 1.923 IPS dan 900 kelompok IPC.

Demikian disampaikan Ketua dan Sekretaris Panitia SPMPD USU 2011 Prof Ir Zulkifli Nasution MSc PhD dan Rulianda P Wibowo SP MEc melalui Ka Humas USU Bisru Hafi SSos MSi di kampus USU selepas berlangsungnya ujian tersebut, kemarin.

Ujian yang digelar Selasa (26/7) dimulai pukul 08.00 WIB dengan materi ujian Kemampuan IPA yang diikuti oleh kelompok ujian IPA dan IPC. Sedangkan pada paruh kedua ujian dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB dengan materi ujian Kemampuan Verbal yang diikuti oleh ketiga kelompok ujian yaitu IPA, IPS, dan IPC.

Selanjutnya pada paruh terakhir, ujian dilaksanakan pada pukul 12.30 WIB dengan materi ujian Kemampuan IPS yang diikuti oleh kelompok IPS dan kelompok IPC. Lokasi yang digunakan pada pelaksanaan ujian SPMPD ini sepenuhnya berada di dalam kampus USU. Untuk Kelompok IPA ujian berlangsung di Fakultas MIPA, untuk kelompok IPS ujian berlangsung di Fakultas Ilmu Budaya (Sastrared) dan Fakultas Ekonomi, dan untuk kelompok IPC ujiannya berlangsung di Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Keperawatan USU.

Sebelumnya tahapan pelaksanaan SPMPD USU 2011 ini diawali dengan pembelian formulir yang dimulai tanggal 13 hingga 23 Juli 2011 lalu bertempat di Auditorium USU. Dilanjutkan dengan pendaftaran peserta pada tanggal 18 hingga 23 Juli di Gelanggang MahasiswaUSU.Sedangkan ujian tulisnya berlangsung kemarin (26 Juli)dan pengumuman hasil ujiannya dijadwalkan pada tanggal 2 Agustus 2011mendatang. Untuk pengumuman hasil ujian SPMPD ini dapat dilihat pada website www.usu.ac.idatau pada papan pengumuman di Kantor Panitia Lokal di Jalan dr T Mansur No 9-B Kampus USU (Cikal).
Program studi pilihan yang ditawarkan pada SPMPD USU 2011 ini sebanyak 15 program studi diploma yang berada pada 6 fakultas. Program studi tersebut terdiri dari program studi Administrasi Perpajakan (pada fakultas ISIP) Statistika, Teknik Informatika, Fisika, Kimia, dan Metrologi (pada fakultas MIPA),  Keperawatan (pada fakultas Keperawatan), Analis Farmasi dan Makanan (pada fakultas Farmasi),  Pariwisata, Perpustakaan, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang (pada fakultas Ilmu Budaya), dan Akuntansi, Keuangan, Kesekretariatan (pada fakultas Ekonomi).
Menurut Sekretaris Panitia SPMPD USU 2011 Rulianda Wibowo SP MEc jumlah mahasiwa baru USU pada 15 program studi diploma yang akan diterima melalui seleksi ini berkisar 1.900 orang.(aje)