Disdiksu Gelar Sosialisasi Data Guru Penerima Tunjangan di Sumut

MEDAN (Berita): Kadis Pendidikan Sumut Drs Syaiful Syafri MM diwakili Kabid Pendidikan Dasar  dan Pendidikan Khusus Ilyas Sitorus MPd membuka acara sosialisasi data guru penerima tunjangan  profesi , tunjangan fungsional , tunjangan khusus dan kulifikasi S1/D-IV tahun 2011 di Garuda Citra Hotel  Medan, Minggu malam (5/6). Kegiatan itu diikuti 70 peserta dan berlangsung sampai 7 Juni 2011.

“Kegiatan ini merupakan momentum untuk meningkatkan kinerja dan  kesejahteraan guru. Sejalan upaya pemerintah dalam meningkatkan kinerja guru sebagaimana  Undang-Undang No 14 tahun 2005,” kata Ilyas ketika membacakan sambutan kadisdik Sumut.

Dia menyebutkan, tunjangan profesi diberikan pada guru yang telah lulus sertifikasi,  melaksanakan berbagai kerja minimal 24 jam per minggu dan telah memiliki nomor register guru (NRG).  Tunjangan fungsional diberikan bagi guru bukan PNS  di SD dan SMP  negeri/swasta. Guru bukan PNS memiliki masa kerja selama 5 tahun dengan beban 24 jam per minggu. Besarnya tunjangan fungsional Rp 300 ribu/bulan.

Sedangkan tunjangan khusus bagi guru bertugas di daerah khusus (terpencil). Bantuan kualifikasi S1/D-IV, bantuan biaya pendidikan kualifikasi akademik guru S1/D-IV  diberikan  kepada guru PNS dan bukan PNS yang berada di bawah binaan Kemendiknas, bantuan biaya kualifikasi (kuliah)  Rp3,5juta/tahun.

“Kebijakan ini merupakan bukti pemerintah yang selalu berusaha meningkatkan  profesionalisme dan juga meningkatkan kesejahteraan guru,” ujarnya.  Ilyas Sitorus juga menjelaskan penyaluran beasiswa untuk siswa SD yang miskin. Kuota untuk  Sumut Rp43 miliar tahun 2011, yang akan diberikan Rp360 ribu/siswa/tahun, artinya Rp1.000/hari, namun  itu sangat dibutuhkan siswa yang miskin. Tolong sampaikan nama-nama yang menerima, katanya.

Sementara Penanggung jawab kegiatan J Napitupulu SSos menjelaskan, dana tunjangan  itu  dari APBN dan sosialisasi ini diikuti  70 peserta (4 dari propinsi dan 66 dari kabupaten/kota  se Sumut), 5  sampai 7 Juni 2011. Dia merinci, jatah tunjangan fungsional untuk Sumut bagi 16.580 guru dan yang  diterima guru Rp 300 ribu/bulan selama 1 tahun. Total dana yang akan disalurkan Rp 59,6 miliar.

Sekarang  tahap perifikasi data ulang dan sesuai kuota ini akan diajukan  nama-nama  ke pusat dan menunggu SK  untuk kemudian disalurkan. Nama penerima sesuai usulan kepala sekolah.

Bantuan kualifikasi untuk melanjutkan kuliah ke S1/D-IV, jatah Sumut untuk 8.786 guru, bantuanper guru Rp 3,5 juta/tahun. Dana seluruhnya Rp 30,7 miliar. Bantuan khusus untuk 10 kabupaten/kota  daerah terpencil, jatah  Sumut untuk  1.332 orang dan per orang/bulan Rp 2,2 juta (Rp 26,4 juta/tahun),  seluruh dananya sekitar Rp 35,1 miliar.

Guru-guru yang dapat dana sertifikasi tahun 2011 ini dan telah  keluar SK-nya sebanyak 4.072 guru, dengan dana yang tersedia Rp107 miliar. Dana itu akan ditransfer ke  rekening guru penerima, kata J Napitupulu ketika dipertanyakan apakah tidak mungkin ada pemotongan.  (aje)