10.649 Pelamar CPNS Pemko Medan Tak Lulus

MEDAN (Berita): Dari 14.679 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemko Medan, 3.707 pelamar ternyata tidak meng-ikuti ujian untuk memperebutkan 324 formasi. Dengan demikian, 10.649 pelamar CPNS Pemko Medan dinyatakan tidak lulus. Sebagian di antara mereka menjadi peng-angguran.

Informasi dihimpun di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Medan, Rabu (22/12), ada satu formasi yang tidak terisi, yakni Teknik Panologi Penata Ruang. “Memang ada yang melamar empat orang, tapi saat ujian mereka tidak hadir,” ujar staf di BKD Medan.

Dijelaskannya, empat hari sejak Kamis (23/12) dilakukan pemberkasan bagi pelamar yang dinyatakan lulus. Berkas yang harus dilengkapi adalah surat lamaran, ijazah yang dilegalisir, surat pernyataan, SKCK, surat kesehatan jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah, surat bebas narkoba  dari RS pemerintah, pasfoto 4 x 6 enam lembar.

Pemberkasan pelamar dari formasi pendi-dikan dilakukan 23 Desember, kesehatan 27 Desember dan tenaga teknis 28-29 Desember. “Pada tanggal 31 Desember, berkas ini harus sudah sampai di BKN Pinangbaris,” ujar staf BKD Medan.

Sedangkan pengumuman kelulusan CPNS Pemko Medan dapat dilihat di media atau mengakses situs  www.pcpns.pemko-medan.go.id. ‘Kita telah menetapkan pengumuman CPNS Pemko Medan, Rabu (22/12). Peserta bisa melihatnya di hampir media massa atau situs www.pcpns.pemko-medan.go.id,’ kata Kepala BKD Kota Medan, Lahum, SH, MM kepada Berita, Selasa (22/12).

Dikatakan Lahum, pengumuman ini dipublikasikan setelah nama-nama peserta yang lulus ujian tersebut ditandatangani Walikota Medan Rahudman Harahap. ‘Setelah itu, baru kita publikasikan melalui media,’ ucapnya.

Ketika ditanya pengumuman itu dilakukan harus disertai nama dan ranking secara serentak, Lahum menjawab tidak. Menurutnya yang diumumkan itu hanya nama dan nomor peserta yang lulus seleksi CPNS.  “Yang kita umumkan hanya nama dan nomor peserta saja. Kalau peserta ingin melihat rankingnya bisa dilihat di kantor BKD Medan,” katanya.(irh)