Sumut Anggarkan Dana Pembangunan Panti Rehabilitasi Narkoba

Medan ( Berita ) :  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan mengalokasikan anggaran dalam APBD 2011 untuk membangun panti rehabilitasi sebagai tempat membina pengguna narkoba.

Usai upacara Hari Anti Narkoba di Lapangan Merdeka Medan, Senin [12/07], Gubernur Sumut Syamsul Arifin mengatakan, pihaknya telah membicarakan masalah bahaya penggunaan narkoba itu dengan pengurus Badan Narkotika Provinsi (BNP) dan Polda Sumut.

Dalam pembicaraan itu diketahui bahwa mengirimkan pengguna narkoba ke dalam penjara, khususnya kalangan anak-anak dianggap belum menyelesaikan masalah.

Salah satu cara efektif untuk membina generasi muda yang telah terjebak dalam penggunaan narkoba tersebut adalah melalui program pembinaan agar tidak terus ketagihan dengan obat terlarang itu.

Karena itu, kata Gubernur, disepakati untuk membangun panti rehabilitasi guna membina generasi muda yang terlibat dalam penggunaan obat terlarang tersebut.

Selain mengalokasi dana dari APBD 2011, Pemprov Sumut juga akan menyiapkan lahan yang sesuai untuk pembangunan panti rehabilitasi tersebut.

Lahan itu direncanakan tidak jauh dari Kota Medan. “Direncanakan hanya sekitar 30 km dari Medan,” kata Gubernur.

Secara teknis, kata Gubernur, pembangunan panti rehabilitasi itu akan dibicarakan dengan berbagai pihak di bawah koordinasi BPN Sumut dan pihak kepolisan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Oegroseno mengatakan, dari sekian banyak tersangka yang ditangkap dalam narkoba di daerah itu didominasi kategori pemakai atau pengguna.

Berdasarkan ketentuan UU, pengguna obat terlarang itu memang harus dipidanakan. Namun ada imbauan dari unsur penegak hukum lain agar pengguna narkoba yang dikategorikan sebagai korban tidak dikriminalkan.

Karena itu muncul inisiatif agar pengguna obat terlarang tersebut dibina melalui proses rehabilitasi. Apalagi dalam pemantauan yang dilakukan, pemidanaan pengguna narkoba itu tidak menyelesaikan masalah. ( ant )