Tunjangan Profesi Guru Dibayar Juli

MEDAN (Berita): Seluruh guru peserta sertifikasi kuota 2008 yang sudah dinyatakan lulus tetap akan menerima  tunjangan tersebut mulai tahun ini. Semua surat keputusan (SK) tunjangan profesi guru peserta sertifikasi kuota 2008  itu akan selesai dan diterima pada akhir Juli 2010.

Imbauan dan keterangan itu disampaikan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara  (Sumut), melalui surat edaran dan penjelasannya kepada ratusan guru Kota Medan yang berunjukrasa ke lembaga ini,  Kamis (17/6).

Ratusan guru mewakili 3.148 guru negeri dan swasta di Medan kembali mendatangi kantor Lembaga Penjaminan  Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Jalan Asam Kumbang, Sunggal menuntut kejelasan pencairan dana tunjangan profesi,  padahal mereka dinyatakan telah lulus sertifikasi 2008. Mereka menyatakan keheranannya karena meski sudah dinyatakan  lulus sertifikasi dua tahun lalu, namun sampai sekarang belum pernah menerima tunjangan tersebut. Sementara, guru  peserta sertifikasi 2009 sudah lebih dulu menikmati tunjangan profesi yang diberikan pemerintah ini.

Unjukrasa kemarin merupakan aksi lanjutan setelah pada Senin (14/6) mereka menggelar aksi serupa di lembaga  yang sama. Tetapi, saat itu mereka tidak memperoleh penjelasan memuaskan sehingga akhirnya menggelar kembali aksi  tersebut.

Dalam surat edaran LPMP Sumut No 28972/F19/LL/2010 tertanggal 17 Juni itu dan ditandatangani Kepala LPMP  Sumut, Drs Mahdi Ibrahim MM, ditegaskan, sebagai lembaga yang melakukan entry data dan validasi data berkas SK  tunjangan profesi, lembaga ini berkomitmen menuntaskan proses entru data dan validasi data guru peserta sertifikasi  kuota 2008 akhir bulan ini. “LMPM Sumut akan mengirimkan segera berkas data yang sudah valid ke Ditjen PMPTK (Peningkatan Mutu  Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) di Jakarta untuk dikeluarkan SKTP-nya paling lambat akhir Juli 2010,” tegas  surat itu.

Sementara, dalam penjelasan kepada ratusan guru pengunjukrasa yang dilangsungkan di Gedung Pancasila LPMP,  dikatakan, keterlambatan berkas pendaftaran kuota 2008 Kota Medan karena lembaga ini baru menerimanya pada Oktober  2008. padahal, tenggang waktu (deadline) yang ditetapkan 1 Juli 2008.

Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) kuota 2009 lebih dulu terbit dibandingkan kuota 2008 karena  database 2009 lebih dulu diterima LPMP Sumut. Data ini lebih dulu dikirimkan ke Jakarta. “Karena database kuota 2008 baru diterima Mei 2010, maka pengiriman ke Jakarta baru bisa dilakukan mulai  akhir Mei 2010. Jadi meski kuota 2008 dibayarkan bersamaan dengan guru 2009, yaitu mulai 1 Januari 2010, untuk guru PNS  akan dibayarkan melalui pemerintah kabupaten/kota dan untuk guru non PNS dibayarkan melalui Dinas Pendidikan  Provinsi Sumut,” paparnya.(aje)