Unimed Buka Pendaftaran Online Seleksi Lokal Regule, Esktensi

MEDAN (Berita): Universtas Negeri Medan (Unimed) masih membuka kesempatan kepada  lulusan SMA sederajat untuk kuliah di universitas itu, seiring dengan dibukanya penerimaan  mahasiswa baru melalui seleksi lokal, Kamis [17/06] hari ini.

Sama dengan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)  sebelumnya, maka pendaftaran program reguler dan ekstensi ini secara online hingga tanggal  30 Juni mendatang.

Ketua Panitia penerimaan mahasiswa baru, Prof Selamat Triono didampingi Pembantu  Rektor II (PR), Chairul Azmi, PR IV Berlin Sibarani, Kepala kantor wilayah Sumut-NAD BNI,  Muhammad Adil di Pusat Administrasi Biro Unimed, Jalan Willem Iskandar, Medan Estate, Rabu (16/06) sore.

Pada jalur ini, ungkapnya Unimed menyiapkan 17.00 kursi untuk program ekstensi  Strata satu (S1) sedangkan program reguler terdapat 80 kursi yang akan diperubutkan di dua  jurusan program Diploma tiga (D III) yakni tekni mesin dan teknik sipil.”Mekanisme pendaftaran dilakukan secara online dan terlebih dahulu harus melakukan  registrasi di BNI untuk mendapatkan nomor PIN. Registrasi di BNI dapat dilakukan di kantor  BNI dimana saja se-Indonesia,” kata Selamet.

PR I Unimed ini menjelaskan, biaya pendaftaran pembelian Pin untuk kelompok IPA dan  IPS ditetapkan sebesar Rp 150.000 dan untuk kelompok IPC sebesar Rp 175.000. “Calon peserta  diharuskan membawa kartu identitas seperti KTP/SIM/Paspor/kartu pelajar saat melakukan  pembelian Pin dan calon peserta maksimal berusia 25 tahun pada saat pendaftaran,” jelasnya.

Dijelaskannya, setelah melakukan registrasi, lanjutnya, maka calon peserta akan  melakukan pendaftaran secara online di website www.unimed.ac.id mulai tanggal 17 Juni hingga  2 Juli mendatang pada jam kerja. “Peserta harus memiliki file pas photo ukuran 4×6 dengan  format JPG atau PNG dengan ukuran maksimum 100 KB untuk di up loud, selebihnya peserta juga  harus menyiapkan data-data diri untuk mengisi form pendaftaran,” kata Selamat.

Dijelaskannya, untuk ujian tulis akan dilakukan pada tanggal 6-7 Juli mendatang.  Bagi yang memilih program kesenian dan keolahragaan maka harus mengikuti tes keterampilan  dengan biaya Rp 150.000 yang akan dilaksanakan pada 8-9 Juli 2010. “Hasil ujian akan  diumumkan pada tanggal 17 Juli 2010 atau bersamaan dengan pengumuman SNMPTN di website  www.unimed.ac.id,”  katanya.

Sementara Kepala kantor wilayah Sumut-NAD BNI, Muhammad Adil mengatakan, untuk  memberikan kenyamanan kepada calon mahasiswa dalam melakukan registrasi pihaknya telah  menyiapkan counter-counter khusus di setiap kantor BNI. “BNI sangat siap dalam menghadapi  hal ini, kami juga akan memberikan pelayanan yang maksimal,” katanya sembari menambahkan  pihaknya belum menerapkan pelayanan di ATM BNI.(aje)