KPU Plenokan Hasil Pilkada Pakpak Bharat

Medan ( Berita ) :  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pakpak Bharat, Sumatera Utara melaksanakan sidang pleno untuk menetapkan hasil akhir perhitungan suara pemilihan kepala daerah di kabupaten itu.

“Rencananya, sidang plenonya dimulai siang ini pukul 12:00 WIB,” kata anggota yang juga Koordinator Divisi Humas KPU Pakpak Bharat Irwan Sumanto Habeahan yang dihubungi ANTARA Medan, Senin [17/05].

Irwan Sumanto mengatakan, sidang pleno itu mengagendakan untuk merekapitulasi atau penghimpunan suara secara keseluruhan dalam pilkada Pakpak Bharat.

Selain itu, pihaknya juga akan membuat penetapan hasil berupa pasangan bupati dan wakil bupati pilkada Pakpak Bharat yang dilaksanakan pada 12 Mei 2010 tersebut.

Pihaknya telah memanggil seluruh pasangan calon untuk menyaksikan sidang pleno yang dilaksanakan di Aula Pemkab Pakpak Bharat di Komplek Perkantoran Panorama Indah Sindeka di Jalan Sikadang Njandi, Kota Salak itu.

“Kami juga telah mengundang Panwaslu dan unsur muspida Pakpak Bharat,” katanya.

Karena itu, kata Irwan, pihaknya belum dapat mengumumkan hasil akhir penghitungan suara pilkada Pakpak Bharat sebelum melaksanakan sidang pelno tersebut. “Setelah selesai (sidang pleno) nanti baru kami umumkan,” katanya.

Pilkada Pakpak Bharat diikuti enam pasangan calon yakni Remigo Yolando Berutu dan Maju Ilyas Padang (nomor urut 1), Ahmad Padang dan Rentias Manik (nomor urut 2) serta pasangan Tahim Solin dan Syafrizal Banurea (nomor urut 3).

Kemudian, pasangan Dinar Boang Manalu dan Makner Banurea (nomor urut 4), Oji Manik dan Lubis Tumangger (nomor urut 5) serta Erison Banurea dan Letce Berutu (nomor urut 6).

Pilkada yang dilaksanakan pada 12 Mei 2010 itu serentak dengan delapan kabupaten/kota lain di Sumut yakni Kota Medan, Tebing Tinggi, Binjai dan Kota Sibolga, Kabupaten Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Toba Samosir dan Asahan.

Dalam data KPU, pilkada Pakpak Bharat diikuti 27.118 DPT yang menyalurkan hak pilihnya di 101 TPS yang tersebar di delapan kecamatan di kabupaten itu.

Dalam penghitungan cepat yang dilakukan pada hari pertama, pasangan Remigo Yolando Berutu dan Maju Ilyas Padang yang didukung 17 partai politik seperti Partai Demokrat, Partai Golkar, PDI Perjuangan dan Partai Amanat Nasional (PAN) telah meraih 9.041 suara (33,34 persen). (ant )