Rahudman Harahap Di Mata Anaknya

Robyr

*Roby Agusman Harahap: Ayah Sosok Tegas dan Bijaksana

Mantan Pj Walikota Medan Drs H Rahudman, MM sosok tegasnya ternyata tidak hanya berlaku di pemerintahan saja, namun ketegasan itu tertanam di kehidupan keluarganya. Sikap yang tegas, bijaksana dan demokratis sudah ditanamkan kepada anak-anaknya, sehingga di kehidupannya sehari-hari bersama keluarga tidak pernah terjadi bentrokkan maupun pertengkaran argumen yang berlebihan.

Hal itu diungkapkan putra ketiga pasangan Drs H Rahudman, MM dan Ny Hj Yusra Siregar MM Roby Agusman Harahap. Roby sendiri saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Tapanuli Selatan sekaligus Ketua Komisi C Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Di matanya, sosok seorang ayah yang baik adalah orang yang benar-benar memahami karakter dan keinginan anak-anaknya. Memberikan motivasi dan dukungan apa yang menjadi keinginan anaknya tersebut. Menurutnya, memiliki ayah seorang Rahudman Harahap merupakan kebanggaan tersendiri bagi dirinya. Sebab, tanpa seorang rahudman, dirinya tidak akan menjadi seperti saat ini.

Dulu, kata Roby, dirinya selalu menemani sang ayah saat mencoba menjadi calon Bupati Tapsel. Semua anak-anaknya memang sangat dekat dengan ayah. Dan ayah juga selalu menjadi panutan di keluarga. Bahkan, bila ada sesuatu hal yang mengganjal di hati kami, kami selalu bercerita terlebih dahulu sama ayah, setelah ceritakan sama ayah, baru kami cerita sama mamak.

Ayah tidak pernah marah dengan keluarga maupun sama anak-anaknya. Memang dari luar wajahnya, ayah terlihat seorang pemarah dan sangar, namun didalam dirinya ayah seorang sosok yang penyayang keluarga.

Ayah hanya marah bila kami tidak bersekolah. Karena bagi ayah, ilmu pendidikan merupakan hal yang sangat terpenting dalam kehidupan manusia. Didalam pendidikan itulah kita mampu menjadi orang yang sukses dalam segala bidang baik dikehidupan bermasyarakat maupun keluarga.

Tidak hanya sebagai panutan keluarga, Rahudman juga sebagai suri tauladan  bagi anak-anaknya sebab ayah merupakan orangtua yang teladan dan mempunyai prinsip yang kuat dan teguh terhadap agama. Sejak kecil,kami sudah diajarkan tentang agama serta shalat lima waktu. Untuk hobby anak-anaknya, ayah juga tidak pernah melarang, bahkan bila hobby itu dapat menjadi apresiasi anak-anaknya, ayah sangat mendukung.

“Seperti aku, aku mempunyai hobby rally mobil, sampai saat ini hobiku itu tidak pernah mendapat tantangan dari kedua orangtuaku. Bahkan, disaat ada kompetisi perlombaan really pada Piala Juara Nasional tahun 2004 di Lampung, aku mendapat peringkat ke dua. Di saat itulah, ayah terus memberikan motivasi buat diriku sampai aku duduk sebagai anggota dewan di DPRD Tapsel juga motivasi dari ayah. Ayahlah yang memberikanku pelajaran yang paling berharga tentang arti perjalanan  hidup ini,” ujar Roby.

Jadi bagi Ayah, lanjutnya,  selagi hoby itu positif dan tidak mengarah pada narkoba maupun menyalahi aturan yang lainnya, ayah selalu mendukung hobby anak-anaknya. Termasuk keinginan anak-anaknya harus menjadi apa kelak nanti. Pesan Ayah yang tidak pernah luput dipikiranku adalah belajar dan terus belajar artinya sebagai orangtua ayah menginginkan anak-anaknya berhasil dalam segala hal baik pendidikan, maupun secara kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatannya yang begitu padat, ayah selalu tetap menjaga keharmonisannya dengan anak-anak. Ayah sering menelepon kami menanyakan bagaimana keadaan masing-masing anaknya meskipun jarang untuk bertemu. Di keluarga, kami juga sering berkumpul seperti makan makan bersama ataupun sharing. Hal indah tersebut biasanya kami lakukan setiap malam minggu maupun hari minggu.

Sosok tegas, dan bijaksana ayah sudah tertanam sejak dulu, dimulai ayah menjadi Sekwilcam Siantar Barat di Pematang Siantar hingga menjadi PJ Walikota Medan. Keramahtamahan ayah di masyarakat dan keluarga juga sudah tidak diragukan lagi. Karena disamping sosoknya yang tegas, ayah juga seorang yang mudah kasihan sama orang, orang tidak tegaan sama orang.

Bagi Roby, ayahnya itu seorang yang pekerja keras, dan susah dilarang untuk bekerja. Bahkan, bila tidak bekerja ayah merasa badannya selalu sakit. Memang, lanjut Roby, semenjak ayahnya menjabat sebagai Pj Walikota Medan, ayah jarang sekali berkumpul sama keluarga. Karena ayah memiliki segudang kegiatan, waktu ayah sudah tertuang untuk masyarakat Kota Medan.

Tidak hanya itu, ayah juga menjadi panutan bagi keluarganya. Karena dikeluarganya itu hanya ayah yang berhasil menjadi birokrat, yang bergelut didunia politik. Sementara keluarga ayah yang lainnya hanya berkecimpung sebagai petani.

Bagi Roby, ketika ayahnya ingin menjadi Calon Walikota Medan Periode 2010-2015, keluarga besarnya sangat mendukung. Untuk itu, Keluarga besar Drs H Rahudman Harahap, MM meminta doa restu dan dukungan masyarakat Kota Medan untuk menjadi Walikota Medan 2010-2015  pada Pilkada 12 Mei mendatang. (Yenni Artika)