Andi “ Trio Ambisi “ Situmorang Luncurkan Album Solo

Tua doren situmorang, Andy situmorang , Ridwan Situmorang (manager)  (berita/ andy yanto aritonang)

Jakarta (Berita)   Andi M Situmorang salah seorang personil penyanyi  yang tergabung dalam grup band Trio Ambisi meluncurkan album solo dengan lagu Batak andalan Hallungan Bubu Tolu. Solo karir tersebut untuk mengangkat kembali penyanyi solo asal Batak setelah lama tidak muncul.

Setelah Edy Silitonga, Victor Hutabarat dan Charles Hutagalung,  saat ini belum muncul penyanyi Batak yang muncul ber-solo karir. Kebanyakan penyanyi – penyanyi Batak tergabung dalam trio. “ Saat ini momentum yang tepat menaikkan lagi pamor penyanyi solo Batak di tengah – tengah gurp – grup band nasional maupun grup – grup penyanyi trio Batak,” ujarnya kepada wartawan.

Meskipun bersolo  karir, Andi mengakui Trio Ambisi tidak pecah, justru dirinya mendapat dukungan dari teman – temannya di grup yang telah melegenda di belantika musik tanah air itu. Ia tak menyangkal peluncuran album solonya itu juga mendompleng nama besar Trio Ambisi.

Album yang dipersaipkan selama tiga bulan tersebut berisi 10 lagu, terdiri atas 4 lagu lama dan 6 lagu baru. Dari 10 lagu itu, 9 labum berbahasa Batak dan satu lagu pop nasional Bertepuk  Sebelah Tangan ciptaan Eddy M Sarait SE. Sedang 9 lagu dalam solo Andi M Situmorang yaitu, Hallungan Bubu Tolu (cipt. Eddy M Sirait), Di Murukki Do Holokki (cipt. Bunthora Situmorang), Aut Ahu Nampuna Bulan (cipt. Dakka Hutagalung), Sapata Ni Si Doli (cipt. Nahum Situmorang), Pa Purpur Hinalungan (cipt. Lana Hutabarat), Sipanuturi (cipt. Tagor Tambunan), Tarhirim (cipt. Jaohannes Purba) dan Tinggal Ma Ho Butet (cipt. Ismail Hutajulu).

Ada sebuah misi yang ingin disampaikan Andi M Situmorang dalam album itu melalui lagu Hallungan Bubu Tolu, yaitu sebuah pesan moral kepada orang tua masyarakat Batak tentang arti pentingnya rumah tangga yang harmonis.

Jika sebuah rumah tangga terjadi perceraian, maka anak akan menjadi korban dan lebih bingung lagi kelak akan tersandung masalah adat ritual pernikahan.Kepada siapa Ulos Pansamot diserahkan? Kepada bapak yang mendampingi ibu tiri? Bagaiman perasaan ibu kandung? Atau kepada ibu yang sudah bersama bapak tiri? (aya)