27 April – 26 Mei 2009 Pendaftaran Penerimaan UMB-SPMB USU

MEDAN (Berita): Penerimaan mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara Tahun Akademik 2009/2010 melalui jalur UMB-SPMB (Ujian Masuk Bersama-Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) dimulai Senin [27/04] dan berlangsung hingga 26 Mei 2009.

Demikian disampaikan Ketua dan Sekretaris Panitia Lokal USU Prof Dr Ir Sumono MS dan Drg Saidina Hamzah Daliemunthe, Sp.Perio (K) melalui Penanggung Jawab Informasi Panitia Lokal USU Bisru Hafi, S.Sos, M.Si di Kampus USU, Senin [27/04].

Dijelaskannya bahwa Ujian Masuk Bersama (UMB) ini melibatkan 7 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yaitu, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) , Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jambi, Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Jakarta, dan Universitas Islam Negeri Makassar.

Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan melalui Bank BNI baik dengan cara manual (diteller) maupun secara on-line (Internet/SMS Banking). Biaya pendaftaran untuk kelompok IPA/IPS Rp.200.000,- dan IPC Rp.225.000,- dengan ketentuan setiap peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya empat program studi pilihan dari dua universitas berbeda.

Selanjutnya dengan menggunakan PIN dari Bank BNI calon peserta dapat langsung melakukan registrasi atau pendaftaran secara on-line dengan mengakses website http//www.spmb.or.id.

Ujian tulis UMB akan dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Juni 2009 dimulai pukul 08.00 WIB s/d Selesai, dengan lokasi ujian di kampus dan di luar USU sebagaimana terlampir di bukti peserta. Sedangkan pengumuman hasil ujian dijadwalkan pada tanggal 29 Juni 2009 melalui website: spmb.or.id.

Persyaratan untuk mengikuti ujian bagi lulusan SMTA Tahun 2007 dan 2008 adalah Ijazah atau STL SMTA asli beserta fotocopinya, sedangkan untuk lulusan SMTA 2009 adalah Surat Tanda Ikut UN (Ujian Nasional) yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah dan sudah dibubuhi pas foto yang diberi setempel.

Dijelaskannya bahwa semua persyaratan tersebut diupload secara mandiri oleh calon peserta ujian. Rencana daya tampung mahasiswa baru USU untuk program sarjana (S-1) melalui jalur UMB pada Tahun Akademik 2009/2010 ini sebanyak 2.220 orang dengan 44 program studi.

Sosialisasi Sistem Online

Sementara itu, Panitia lokal UMB-SPMB USU baru-baru ini telah melaksanakan sosialisasi pendaftaran UMB-SPMB 2009 dengan sistem on-line. Peserta yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut adalah para Kepala Sekolah atau pimpinan SMA yang mewakili kabupaten kota di Sumatera Utara.

Dalam acara tersebut Ketua dan Sekretaris Panitia Lokal UMB-SPMB USU Prof Dr Ir Sumono MS dan Drg. Saidina Hamzah Daliemunthe, Sp.Perio (K) menyampaikan arahan tentang pelaksanaan sistem pendaftaran on-line UMB-SPMB. Disamping melaksanakan UMB, USU direncanakan juga akan menggelar seleksi tingkat nasional yaitu jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2009 yang dilaksanakan secara bersamaan dengan 57 PTN/PTBHMN.

Dijadwalkan pendaftaran SNMPTN dimulai tanggal 18-26 Juni 2009 di Auditorium USU dan Ujian Tulisnya akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Juli 2009 mendatang. Sedangkan untuk pendaftaran jalur SPMPRM (Seleksi Penerimaan Mahasiswa rogram Reguler Mandiri) dan SPMJK (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Jalur Kemitraan) dijadwalkan akan dilaksanakan secara bersamaan mulai tanggal 8-15 Juni dan ujian tulisnya dilaksanakan pada 17-18 Juni 2009. Kemudian, untuk pendaftaran SPMPD (Seleksi Penerimaan Mahasiwa Program Diploma) dijadwalkan akan dimulai pada 16-23 Juni bertempat di Aula Fakultas Ekonomi USU dan Ujian tulisnya pada Tanggal 24-25 Juni 2009.(aje)