Delapan Parpol Di Banda Aceh Dapat Kursi

Banda Aceh ( Berita ) : Dari 27 partai politik yang ikut Pemilu legislatif 2009 di Kota Banda Aceh hanya delapan yang diperkirakan mendapat kursi di DPRK setempat.

Berdasarkan analisa rekapitulasi perolehan suara DPRK Banda Aceh yang dikeluarkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, Selasa [14/04], Partai Demokrat memperoleh kursi paling banyak yakni tujuh, disusul Partai Aceh dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing lima kursi.

Kemudian, Partai Amanat Nasional (PAN) empat kursi, Partai Daulat Aceh (PDA) dan Partai Golkar masing-masing tiga kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dua kursi dan Partai Bulan Bintang (PBB) satu kursi.

Jumlah kursi DPR Kota Banda Aceh yang diperebutkan sebanyak 30 kursi yang terbagi dalam lima daerah pemilihan.

Dari hasil rekapitulasi suara DPRK Banda Aceh tercatat 69.708 suara atau sekitar 53 persen dari jumlah pemilih di daerah itu sebanyak 130.777 orang.

Anggota KIP Banda Aceh, Munawarsyah menyatakan, jumlah pemilih yang tidak memberikan hak suaranya sekitar 40 persen. Partai Demokrat, Partai Aceh dan PKS di masing-masing darpil meraih kursi.

Hanya saja Partai Demokrat bisa mencuri dua kursi lagi di darpil-2 (Kecamatan Kuta Alam) dan darpil-5 (Kecamatan Jaya Baru dan Banda Raya), sehingga total tujuh kursi.

PAN hanya mampu meraih kursi di empat darpil, yakni darpil-1 (Kecamatan meraxa dan Kuta Raja), darpil-2 (Kuta Alama), darpil-3 (Kecamatan Syiah Kuala dan Ulee Kareng), darpil-4 (Kecamatan Baiturrahman dan Lueng Bata).

PDA mendapat tiga kursi di darpil-1, darpil-3, darpil-5, sedangkan Partai Golkar tiga kursi di darpil-2, darpil-3, dan darpil-4, PPP tiga kursi di darpil-2 dan darpil-4, dan PBB dari darpil-1. ( ant )