Kebakaran Hutan Di Riau Tidak Tersapu Hujan


Pekanbaru ( Berita ) :  Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau tetap terjadi meskipun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di hampir seluruh kabupaten/kota.

Hal tersebut dikatakan oleh staf analisa BMG Stasiun Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Kota Pekanbaru, Marzuki di Pekanbaru, Senin [12/01] . Marzuki menjelaskan, berdasarkan pantauan terakhir satelit NOAA 18 diketahui bahwa ada dua daerah di Riau yang mengalami kebakaran hutan dan lahan. “Ada dua titik api atau hotspot akibat kebakaran hutan dan lahan di dua kabupaten di Riau yang terpantau oleh satelit NOAA 18,” katanya.

Dua daerah tersebut diantaranya adalah Kabupaten Pelelawan dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Karena itu BMG kembali mengimbau kepada masyarakat lokal atau perusahaan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar tanaman karena dapat mengakibatkan kebakaran besar,.

Kebakaran besar tersebut dapat menyebabkan kabut asap yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan. Selain di Riau, satelit NOAA 18 juga memantau ada 17 titik api atau hotspot lainnya di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera. Sementara itu, BMG memprediksi bahwa hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih terjadi di sejumlah wilayah di Riau dalam beberapa hari kedepan. ( ant )