KPUD Tetapkan Johny/Irwansyah Bupati Dairi


Medan ( Berita ) :  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi mengumumkan secara resmi hasil akhir penghitungan suara pilkada Dairi, Sabtu  dan menetapkan kemenangan pasangan Johny Sitohang dan Irwansyah Pasi.

Anggota KPUD Dairi, Asal Padang yang dihubungi ANTARA dari Medan, Sabtu [ 13/12], mengatakan, pasangan Johny Sitohang dan Irwansyah Pasi yang didukung Partai Golkar itu meraih 67.654 suara atau 51,17 persen.

Sedangkan pasangan Parlemen Sinaga dan Budiman Simanjuntak yang diusung PIB, PKPI, PSI dan PDK meraih 64.555 suara atau 48,83 persen.

Dengan hasil akhir tersebut, KPUD Dairi menyatakan kemenangan pasangan Johny Sitohang dan Irwansyah Pasi serta menetapkan keduanya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dairi terpilih untuk priode 2009-2014.

Ia menambahkan, KPUD Dairi memberikan kesempatan selama tiga hari kepada pihak pasangan Parlemen Sinaga dan Budiman Simanjuntak untuk menyikapi hasil penghitungan akhir tersebut.

Apabila sampai tanggal 16 Desember 2008 tidak ada sanggahan, KPUD Dairi akan membuat berita acara tentang hasil akhir penghitungan suara itu untuk diserahkan ke DPRD dan Pemkab Dairi guna dilanjutkan ke Gubernur Sumut dan Menteri Dalam Negeri. KPUD merencanakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Dairi terpilih tersebut pada 19 April 2009, katanya.

Pada putaran pertama, Parlemen Sinaga/Budiman Simanjuntak  yang diusung PIB, PKPI, PSI dan PDK meraih 33.974 suara sedangkan Johny Sitohang/Irwansyah Pasi yang didukung Partai Golkar meraih 31.678 suara.

Dua pasangan cabup/cawabup itu mengungguli lima pasangan lain, yakni F Janterem Pinem/Tumpu Capa yang merupakan cabup/cawabup independen dengan 9.642 suara dan Hotraja Sitanggang/Bungaran Sinaga yang juga calon independen dengan 7.535 suara.

Pasangan Tagor Sinurat MSc-Ir Arson Sihombing didukung PDI Perjuangan dengan 24.048 suara, Tom Sianturi/Remita Sembiring didukung PDS, Partai Patriot, PNI Marhaenisme dan Partai Pelopor ( 20.447 suara) dan pasangan Victor Ujung/Mardongan Sigalingging didukung Partai Demokrat, PNBK, PBR dan PAN (3.005 suara). ( ant )