Pesantren Mustafawiyah Purba Baru Juara Umum


PANYABUNGAN (Berita):Sembilan santri dan santriyati dari Pondok Pesantren Mustofawiyah Purba Baru, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) masing-masing berhasil meraih juara I Musabaqoh Qiratil Kutub (MQK) ke-III tingkat Provinsi Sumatera Utara. Prestasi itu menempatkan posisi Pesantren Mustafawiyah Purba Baru yang memiliki 7.800 santri/ santriyati itu tak tergoyahkan dalam dua tahun terakhir, di mana pada MQK ke-II tahun lalu juga meraih juara umum.

Dari 12 santri-santriyati yang diutus Pesantren Mustafawiyah Purba Baru ke MQK ke-III tahun ini di Medan , 9 berhasil meraih posisi juara I untuk berbagai jenis bidang perlombaan dan 2 meraih juara II, sementara satu lagi belum berhasil meraih predikat juara.

Sembilan santri itu adalah Ahmad Tahir santri kelas VI.2 Aliyah berasal dari Kecamatan Siabu, Madina juara I bidang Hadits tingkat Wustha Putra. Azhar Mubarok santri kelas VI.2 Aliayah berasal dari Babalan Kabupaten Langkat juara I bidang Fiqh tingkat Wustha Putra.

M Nasir santri kelas V.7 Aliyah berasal dari Pandan, Sibolga juara I bidang Lughoh tingkat Wustha Putra. Siti Hasnita santriyati kelas VI.7 Aliyah berasal dari Kecamatan Batang Natal, Madina juara I bidang Ahklak tingkat Wustha Putri. Putra Tondi santri kelas VII.7 Aliyah berasal dari Hutaraja Tinggi, Padang Lawas Utara juara I bidang Hadits Tingkat Ulya Putra.

Sabbih Lubis santri kelas VII.8 Aliyah berasal dari Kotanopan, Madina juara I bidang Fiqh tingkat Ulya Putra. Ali Yasir santri kelas VII.2 Aliyah berasal dari Sosa Padang Lawas jauara I bidang Lughoh tingkat Ulya Putra. Ratih Puspita Dewi santriyati kelas VII.15 Aliyah berasal dari Lingga Bayu, Madina juara I bidang Lughoh tingkat Ulya Putri. Aisah santriyati kelas VII.10 Aliyah berasal dari Panyabungan Timur, Madina juara I bidang Akhlak tingkat Ulya Putri.

Sementara Rina Juliana santriyati kelas VII.5 Aliyah asal Padangsidempuan Barat bidang Hadits tingkat Ulya Putri. Maryam Lubis santriyati kelas VII.12 Aliyah asal Panyabungan, Madina juara II bidang Tafsir tingkat Ulya Putri.

Pimpinan Pesantren Mustafawiyah Purba Baru, H Mustofha Bakri Nasutin kepada BERITA, Sabtu (8/11) menyatakan sembilan santri dan santriyati yang meraih juara I tersebut selanjutnya akan mengikuti MQK tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Timur.

Dikatakannya, kesembilan santri dan santriyati itu dijadwalkan berangkat dari Pesantren Mustafawiyah Purba Baru pada 28 November menuju Medan yang seterusnya berangkat dari Medan ke Banjarmasin 30 November. Musthofa Bakri mengungkapkan bahwa keberhasilan para santri dan santriyati di MQK ke-III tingkat Provinsi Sumut tak terlepas dari hasil kegigihan para guru dan semangat santri selama ini dalam proses belajar mengajar di pesantren itu.

Prestasi tersebut juga diharapkannya menjadi daya dorong bagi para santri dan santriyati untuk terus meningkatkan semangat belajar serta menjadi cemeti bagi pihak pesantren untuk terus meningatkan kualitas pendidikan di pesantren tersebut. (isk)