Hasil Pilkada Sementara Langkat Dan Deli Serdang, Ngogesa Unggul… Amri 50 %


STABAT (Berita):  Pasangan Mengabdi, Ngogesa Sitepu – Budiono  yang didukung Partai Golkar, PDIP dan PKPB dalam hasil perhitungan suara sementara Pilkada Bupati Langkat, sudah hampir dipastikan unggul dari sejumlah pasangan lain dengan perolehan suara sementara 76.980 (29,14 persen) suara.

Sementaradi Deliserdang, calon bupati dan wakil bupati nomor urut 5 Drs H Amri Tambunan berpasangan dengan Zainuddin Mars memperoleh 50 % suara mengungguli calon-calon lainnya yang bertarung di Pilkada Deliserdang, kemarin.

Urutan kedua hasil Pilkada Langkat ditempati pasangan  Asrin Naim-Legimun dengan perolehan 70.113 (26,54 persen) suara. Sementara pasangan Berseri Rudy Hartono Bangun-Supriyadi 63.161 (23,9 persen) suara, pasangan Suratman-Rosdanelly Hasibuan  31.913 (12,0 persen) suara, pasangan Sempurna Tarigan-Afrizal Khan 13.692 (5,18 persen) suara dan pasangan Fanrizal Darus-Parluhutan Siregar 8.310 (3,14 persen) suara.

“Ini baru data perolehan sementara, kita masih tunggu hasil keseluruhan,” kata Ketua KPU Langkat H Sutomo SPd menjelaskan, Selasa (28/10) pagi. Menurutnya masih ada sejumlah kecamatan yang belum melaporkan hasil perolehan sementara dalam Pilkada Bupati Langkat tersebut.

Amri  50%

Sampai saat ini kotak suara dari PPK atau kecamatan belum masuk ke KPUD Deliserdang karena masih dihitung di tingkat PPK Kecamatan masing-masing. Hampir tiap PPPK di tiap kecamatan mencatat pasangan nomor urut 5 Drs H Amri Tambunan berpasangan Zainuddin Mars mengungguli para pesaingnya. Amri Tambunan-Zainuddin Mars  berada teratas  disusul pasangan T  Akhmatala’a dan  Satrio serta di urutan ketiga H Waagirin Arman yang berpasangan dengan Hj Chairiah Sudjono Giatmo.

Pasangan Amri Tambunan-Zainudin Mars yang populer disebut AZANN didukung 10 partai politik antara lain Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Penegak Demokrasi Indonesia, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Pelopor, Partai Bintang Bulan, Partai Merdeka, Partai Nahdatul Ummah, Partai Bintang Reformasi dan Partai Patriot.

Perolehan suara yang diraih Amri Tambunan dan Zainuddin Mars diprediksi sulit dikejar calon-calon lainnya. Hampir di tiap kecamatan suara yang diperoleh Amri Tambunan dan  Nainuddin Mars mencapai 50 persen lebih, sementara rakyat Deliserdang yang menggunakan hak suaranya mencapai 70 persen, namun pemilih Golput sebesar 30 persen. (sir/slm/jmc)