Mahasiswa Unsyiah Juara Karya Ilmiah Islam Nasional

      Comments Off


Banda Aceh ( Berita ) :  Seorang mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Harapan T(23)  berhasil meraih gelar juara pertama dalam lomba karya tulis ilmiah Islam nasional yang berlangsung di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Karya ilmiahnya berjudul “Analisis potensi pemanfatan buah delima (punica granatum sebagai pembunuh virus (virusid) dan anti HIV I yang resisten nucleotida dan non nucleotide berdasarkan tinjauan ilmiah dan Al-Quran, mengantarkan Harapan T sebagai juara.

“Kami dari unsur akademi Fakultas Kedokteran Unsyiah menyatakan bangga dan terharu atas prestasi yang diraih Harapan T,” kata dosen Fakultas Kedokteran Unsyiah Darussalam, HM Andalas di Banda Aceh, Minggu [26/10].

Menurut HM Andalas , kegiatan lomba karya tulis yang diselenggarakan  forum ukhuwah lembaga dakwah Fakultas Kedokteran Indonesia yang diikuti  Fakultas Kedokteran seluruh tanah air, dengan dewan juri antara lain  Prof DR Marsetyawan, DR Muhammad Tarqib, SpBS dan DR Jamal A.Aziz  MAg.  “Apalagi,  sampai saat ini belum ada jawaban pasti untuk obat  penyakit AIDS,” tambah Andalas. 

Sejauh ini buah delima juga sering digunakan dalam mengobati virus demam berdarah akan tetapi belum ada penelitian ilmiah dengan jumlah sample besar dilakukan. “Kita berharap kedepan Harapan mau melakukan riset lanjutan tentang peran buah delima  untuk mengobati  seseorang  yang terkena  HIV/AIDS,” ujarnya.

Andalas yang juga dosen pembimbing Harapan T itu menjelaskan dengan  keberhasilan yang  kedua kali membawa harum nama Fakultas Kedokteran Unsyiah (juara karya ilmiah wilayah Jawa dan Sumatra 2007) maka  pihak fakultas  akan memperhatikan bakat yang dimilikinya. “Kami berharap agar Harapan T bisa memperkuat almamater kelak setelah menyelesaikan  pendidikannya,” ujarnya.

“Kita berharap kedepan akan lebih banyak lagi mahasiswa kita yang tampil di kancah nasional dan hasil ini tentu akan mengharumkan pendidikan tinggi Pemerintah Aceh,” demikian dr HM Andalas SPoG. ( ant )