12 Ribu Proposal Ramaikan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Jakarta ( Berita ) :  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PINMAS) ke -XXI  telah menyedot perhatian ribuan mahasiswa dari seluruh Tanah Air untuk berkompetisi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang meliputi bidang penelitian, penerapan teknologi, kewirausahaan, pengabdian masyarakat dan penulisan ilmiah.

“PKM hanya satu dari sekian banyak jenis kegiatan pada PINMAS XXV yang merupakan kegiatan tahunan. Kegiatan PKM mendapatkan perhatian tinggi terlihat dari jumlah proposal yang mencapai 12 ribu dari berbagai seluruh perguruan Indonesia,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Depdiknas, Fasli Jalal di Jakarta, Kamis [10/07].

Ia mengatakan, proposal-proposal tersebut kemudian diseleksi oleh tim independen dan terpilih 2500 proposal yang lolos antara lain dengan pertimbangan logika berpikir, tema yang diangkat dan sebagainya dan masing-masing menerima bantuan dana Rp6 juta untuk melaksanakan kegiatannya.

Selanjutnya, dari 2500 proposal tersebut diseleksi kembali dan dipilih 260 proposal atau tim yang diundang untuk mengikuti kegiatan PINMAS XXV di Semarang. 

Ia lebih lanjut mengatakan, PIMNAS merupakan upaya untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dari mahasiswa untuk memupuk bakat, minat, dan potensinya.

“PIMNAS adalah refleksi untuk menumbuhkan dan memupuk bakat dan minat mahasiswa sedini mungkin dalam berbagai bidang yang diminati. Ini berhubungan dengan olah pikir dan olah hati,” katanya saat memberikan keterangan pers di Gerai Informasi dan Media, Depdiknas .

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXI Tahun 2008 akan diselenggarakan di Universitas Islam Sultang Agung (UNISSULA) Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada 14-19 Juli 2008. PIMNAS merupakan ajang meningkatkan  kecerdasan mahasiswa dalam menemukan sumber daya dan memberikan iklim akademik untuk senantiasa lebih aktif dan kompetitif dalam pembelajaran.

Sementara itu, Rektor Unissula, Rofiq Anwar mengatakan, setelah terpilih menjadi tuan rumah PINMAS, pihaknya segera melakukan persiapan utamanya ruang-ruang yanga kan digunakan untuk pameran danlomba-lomba lainnya agar layak dan memenuhi ketentuan yanga da.

“Di kampus kami sudah cukup lama memiliki areal hot spot sebagai faislitas gratis bagi mahasiswa untuk bisa mengakses internet untuk keperluan pencaraian data dan komunikasi dengan sesama teman dan dosen-dosen mereka,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan PIMNAS XXI 2008 meliputi presentasi program kreativitas mahasiswa (PKM), lomba karya tulis mahasiswa (LKTM), lomba poster, lomba debat bahasa Inggris dan bahasa Arab, serta peluncuran jurnal  kreativitas mahasiswa. Kegiatan juga akan dirangkai dengan seminar, bazar, gelar IPTEK, dan ekspose pendidikan.

Hadir pada acara Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Dikti Depdiknas Mochammad Munir, Rektor UNISSULA Rofiq Anwar, Ketua Umum PIMNAS XXI Didik Eko Budi Santoso, dan Ketua Dewan Juri Endy Suwondo. ( ant )