Uang Kuliah USU Paling Murah

MEDAN (Berita): Dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia, ternyata  uang kuliah yang dibebankan Universitas Sumatera Utara (USU) terhadap mahasiswanya,  jumlahnya paling kecil dan murah.

Rektor USU Prof dr Chairuddin Lubis mengungkapkan hal itu pada acara pembukaan  Pembukaan Program Matrikulasi bagi mahasiswa baru yang diterima melalui Jalur Program  Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) USU TA 2008/2009 di Auditorium Kampus USU, Rabu [9/7]  pagi tadi.

“USU mengenakan tarif SPP termurah jika dibandingkan dengan perguruan tinggi  lainnya,” kata rektor. Dia mencontohkan, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung  memberlakukan uang sumbangan sebesar Rp250 juta untuk40 orang pendaftar pertama. Selebihnya, kata rektor, harus nego harga dengan pimpinan fakultas.

Di USU, kata rektor membandingkan, mahasiswa hanyacukup membayar Rp1 juta untuk  program eksak atau Rp750 ribu untuk program IPS ditambah dengan biaya kelengkapan akademik,  sudah bisa mengikuti perkuliahan di USU. Mahasiswa juga dibebaskan biaya pengobatan gratis.

Rektor menuturkan, Kampus USU juga diperuntukkan bagi mahasiswa golongan ekonomi  kurang mampu. Dia menyebutkan, tahun 2008 ini USU memberikan beasiswa program mitra dan  daerah. “Dengan demikian, bagi calon mahasiswa yang berasal dari kalangan kurang mampu  menjadi tanggung jawab pemerintah dan pihak pengusaha melalui prestasi yang ditorehkan calon  mahasiswa,” papar rektor.

Pada kesempatan itu rektor menyatakan, ada tiga hal yang harus diingat peserta  Program Matrikulasi yang sudah diterima sebagai mahasiswa baru melalui jalur PMP di USU.  Pertama, ucap rektor, harus menyukuri nikmat karena

diterima sebagai mahasiswa baru. Kedua,  jangan lupakan jasa orang tua, dan ketiga berterima kasih kepada diri sendiri. “Berterima kasih itu maksudnya dengan perbaiki prestasi dan meningkatkan prestasi  yang sudah diperoleh,” kata rektor.

Sebelumnya, Ketua Panitia Prof Dr Zul Alfian, MSc memaparkan, pelaksanaan  Matrikulasi diawali uji awal kemampuan (pra test) yang dilaksanakan secara terpadu oleh  Panitia Program Matrikulasi pada Rabu [9/7] hari ini pukul 11.00 Wib di Fakultas Ekonomi  USU. Kemudian kuliah Program Matrikulasi PMP dimulai besok, Kamis [10/7] dan berakhir 1  Agustus 2008. Itu  diakhiri dengan pelaksanaan uji akhir (post test) pada Sabtu [2/8].

“Matrikulasi dilaksanakan pada masing-masing fakultas di lingkungan kampus USU,”  kata Zul Alfian yang juga anggota Dewan Guru Besar USU. Pelaksanaan Matrikulasi ini melibatkan 149 dosen dengan mengikutsertakan 1.302  mahasiswa baru yang diterima melalui jalur PMP USU.(aje)