Polda Sumut Mutasi Besar-Besaran

Medan ( Berita ) :  Polda Sumut mengadakan mutasi besar-besaran terhadap beberapa jabatan Kapolres dan pejabat utama di lingkungan institusi hukum tersebut.

Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Baharuddin Djafar kepada wartawan di Medan, Kamis [12/06] , mengatakan, untuk jabatan Kapolres ada lima perwira yang akan mengalami mutasi. Kelima perwira itu adalah Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Ali Simanjuntak yang memasuki masa pensiun akan digantikan Kasat III Dit Intelkam Polda Sumut, AKBP Suriadi Bahar.

Kapolres Tanjung Balai, AKBP. CBS. Nasution digantikan AKBP M.Siboro, Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Suryambodo Asmoro digantikan AKBP Raden Heru yang sebelumnya menjabat Kapolres Sidempuan.

Sedangkan Kapolres Sidempuan dijabat AKBP Rony B. Arif yang sebelumnya menjabat Kasubdit Paminal Propam Polda Sumut. Kapolresta Binjai akan dijabat AKBP Robert Kennedy menggantikan AKBP Verdianto Bitticaca yang dipromosikan menjadi Wakil Direktur Samapta Polda DIY.

Untuk jajaran pejabat utama terdapat dua perwira berpangkat Komisaris Besar (Kombes) yang akan mengalami mutasi yakni Direktur Polisi Air dan Udara Polda Sumut, Kombes Pol Budi Untung yang akan menjabat sebagai perwira di pembinaan hukum Mabes Polri.

Selanjutnya, Kabid Propam Polda Sumut, Kombes Pol Andaryono juga dimutasi dan dipromosikan sebagai Kapolwiltabes Surabaya Polda Jatim. Posisi Dir Polairud Polda Sumut akan digantikan AKBP Bustami Sanaf yang saat ini menjabat Wakil Direktur Samapta Polda Sumut. “Sedangkan jabatan Kabid Propam akan dijabat AKBP Diat Chardy yang pernah menjabat Kapolres Tebing Tinggi,” katanya.

Wadir Lantas Polda Sumut, AKBP Royke Lumowa dipromosikan menjadi Kapoltabes Manado sedangkan posisinya akan digantikan AKBP Marolop Manik yang saat ini menjabat Kapolres Jayawijaya Polda Papua. Jabatan Wadir Samapta yang ditinggalkan AKBP Bustami Sanaf akan digantikan AKBP Trio Widyanto yang masih menjabat Kapolres Sijunjung Polda Sumbar.

Sedangkan jabatan Kabag Binkar Polda Sumut akan dijabat AKBP Mardiono dari Mabes Polri menggantikan AKBP I Ketut Suardana yang dipromosikan menjadi Kapolres Jimbaran Polda Bali. Semua proses mutasi itu dilakukan berdasarkan telegram rahasia (TR) Kapolri dengan nomor TR/252-255/VI/2008 tertanggal 6 Juni 2008, katanya. ( ant )