Daya Tampung UMB SPMB USU 3.125 Orang

MEDAN ( Berita ) : Daya tampung USU melalui jalur Ujian Masuk Bersama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (UMB SPMB) 2008 sekitar 85 persen. Sedangkan 15 persen lainnya diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Per-guruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang akan dilaksanakan Juli mendatang.

’Untuk tahun ini, daya tam-pung USU hanya menerima 3.125 orang. Dari jumlah tersebut sekitar 2.155 melalui jalur UMB SPMB dan jalur SNMPTN hanya sekitar 970 orang,’ kata Ketua dan Sekretaris Panitia UMB SPMB USU 2008, Prof Dr Ir Sumono MS dan Drg Saidina Hamzah Dalimunthe Sp Perio melalui Penanggung Jawab Informasi, Bisru Hafi SSos MSi di Kantor Panitia Lokal UMB SPMB Jalan Dr T Mansur Kampus USU, kemarin.

UMB SPMB adalah seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa Program Regular S-1 USU yang tahun lalu dikenal dengan nama SPMB. Namun saat ini hanya diikuti 5 perguruan tinggi yaitu Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Jakarta dan Universitas Hasanuddin.

Pendaftaran UMB SPMB 2008 dipusatkan di Auditorium USU yang berlangsung mulai 26 Mei – 4 Juni dengan membawa ijazah/STTB asli dan foto kopi yang telah dilegalisir bagi lulusan tahun 2006 dan 2007. Bagi lulusan tahun 2008 diwajibkan membawa Surat Tanda Ikut Ujian Nasional yang dibubuhi pasfoto berstempel yang ditandatangani kepala sekolah. Sedangkan pengembalian formulir dilaksanakan di Gelanggang Mahasiswa yang dimulai tanggal 29 Mei – 4 Juni.

Sedangkan biaya pendaftaran UMB SPMB Rp 175.000 untukformulir IPA/IPS dan Rp 200.000 untuk IPC. Sedangkanujiannya dilaksanakan pada 7 dan 8 Juni dengan lokasidi Kampus USU dan di luar USU. Hasil ujian dijadwalkanakan diumumkan pada 20 Juni 2008.

’Panitia lokal USU UMB SPMB juga membuka pendaftaranuntuk jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa ProgramRegular Mandiri (SPMPRM) USU 2008 dan Jalur BeasiswaDaerah dan Mitra USU 2008 pada 26 Mei-4 Juni,’ ucap Bisru.

Dia menambahkan, jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2008, diselenggarakan 57 PTN/PT BHMN se-Indonesia pada 2-3 Juli 2008 nanti. Sedangkan Seleksi SPMPD berlangsung 16-17 Juli 2008.

Sementara itu, pada hari pertama pendaftaran UMB SPMB USU, Senin (26/5), dipenuhi ribuan pendaftar. Sebagian dari mereka bahkan ditemani orangtuanya. Akan tetapi, banyak pendaftar yang bingung melengkapi syarat pendaftaran. Kebingungan tersebut terutama adalah pada melengkapi persyaratan pendaftaran, khususnya bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ini.

Saat mendaftar, mereka diharuskan membawa antara lain surat tanda ikut UN yang dibubuhi pasfoto dan distempel serta ditandatangani kepala sekolah. Namun sebagian siswa, khususnya yang berasal dari luar kota, tidak menyertakannya karena mengaku tidak tahu. Akhirnya, mereka gagal mendaftar.

Akibat banyaknya peserta yang kebingungan tentang persyaratan pendaftaran yang dibutuhkan, posko informasi UMB SPMB USU yang dibuka di Auditorium USU yang juga tempat pendaftaran dijejali calon pendaftar.

Salah satu petugas posko informasi, Citra, mengatakan, posko ini memang dibuka untuk melayani calon mendaftar yang tidak atau belum mengetahui secara persis syarat-syarat serta prosedur pendaftaran UMB SPMB. Menurut panitia pendaftaran, jumlah formulir yang terjual pada hari pertama sebanyak 5.777 lembar.

Rinciannya 619 formulir pendaftaran IPA, 324 lembar formulir pendaftaran IPS, dan 367 lembar formulir IPC. Sedangkan sisanya, yakni sebanyak 4.477 lembat formulir terjual secara kolektif yang dilakukan oleh beberapa sekolah. Pembelian formulir secara kolektif ini memang dibenarkan untuk memudahkan calon pendaftar dan sudah berjalan di tahun-tahun sebelumnya.(aje)