26 May – 4 Juni USU Buka Pendaftaran UMB SPMB

MEDAN ( Berita ) : Meskipun pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) bagi siswa SMA sederajat berlangsung 14 Juni mendatang, namun pendaftaran (penjualan formulir) melalui jalur Ujian Masuk Bersama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Ba-ru (UMB SPMB) USU 2008 sudah dimulai pada Senin, [26/5].

Demikian disampaikan Ketua dan Sekretaris Panitia UMB SPMB USU 2008, Prof Dr Ir Sumono MS dan Drg Saidina Hamzah Dalimunthe Sp.Perio kepada wartawan me-lalui Penanggung Jawab Infor-masi Bisru Hafi, SSos MSi, kemarin, di Kantor Panitia Lokal UMB SPMB Jl Dr T Mansur Kampus USU.

Dia menjelaskan, UMB SPMB adalah seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa Program Regular S-1 USU yang tahun lalu dikenal dengan nama SPMB.

Namun saat ini hanya diikuti oleh 5 perguruan tinggi yaitu Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Jakarta dan Universitas Hasanuddin. Sedangkan beberapa universitas lainnya seperti UGM telah lebih dahulu melaksanakannya pada bulan April lalu.

Untuk PMB jalur UMB SPMB, USU membuka pendaftaran mulai 26 Mei – 4 Juni dipusatkan di Auditorium USU.

Peserta harus membawa Ijazah/STTB asli dan foto copinya yang telah dilegalisir bagi lulusan tahun 2006 dan 2007. Sedangkan bagi lulusan tahun 2008 membawa Surat Tanda Ikut Ujian Nasional yang dibubuhi pas photo berstempel yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah.

 

Sedangkan pengembalian formulir dilaksanakan di Gelanggang Mahasiswa pada 29 Mei sampai 4 Juni 2008. Biaya pendaftaran UMB SPMB Rp. 175.000 untuk formulir IPA/IPS dan Rp. 200.000 untuk IPC. Sedangkan ujiannya dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Juni dengan lokasi di Kampus USU dan di luar USU.

 

Ujian berlangsung Sabtu – Minggu (7-8/6), di kampus maupun di luar kampus USU. Sedangkan pengumuman dijadwalkan pada 20 Juni 2008.

 

Pada pelaksanaan UMB SPMB 2008 ini, USU secara tersendiri juga melaksanakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Reguler Mandiri (SPMPRM) 2008 dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Jalur Beasiswa Daerah dan Mitra 2008 yang semua proses pelaksanaannya digabungkan dengan UMB SPMB 2008. Sementara pada jalur SNMPTN 2008, akan diselenggarakan 57 PTN/PT BHMN se-Indonesia pada tanggal 2-3 Juli 2008 nanti. Selanjutnya, 16-17 Juli digelar pula seleksi SPMPD.

 

Bagi mereka yang lulus di USU melalui jalur UMB SPMB 2008 ini nantinya dikenakan biaya SPP yang sama dengan mahasiswa program regular S-1 yang lulus tahun 2007 lalu (tidak ada kenaikan SPP) yaitu sebesar Rp. 375.000 persemester atau tujuh ratus limapuluh ribu rupiah pertahun untuk program studi Non-Eksak dan Rp. 500.000 persemester atau satu juta rupiah pertahun un-tuk program studi Eksakta dan ditambah biaya kelengkapan akademik.

 

Mengenai daya tampung USU melalui jalur SPMB ini, Bisru menjelaskan, sekira 85 persen mahasiswa regular Program S-1 USU akan diterima melalui jalur UMB SPMB. Sedangkan 15 persen lainnya akan diterima melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang akan dilaksanakan Juli mendatang. “Dengan seleksi UMB SPMB, peserta yang mendaftar di USU atau 4 PTN lainnya lebih berpeluang masuk jika dibandingkan dengan SNMP TN,” katanya. 

 

Bisru mengakui tahun ini banyak calon peserta dan pihak sekolah serta bimbingan tes dan studi mendatangi panitia untuk mendapatkan informasi tentang prosedur. Dia juga menjelaskan, pada 26 Mei – 4 Juni tersebut,  Panitia Lokal UMB SPMB juga membuka pendaftaran untuk  jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Regular Mandiri (SPMPRM) USU 2008 dan Ja-lur Beasiswa Daerah dan Mitra USU 2008. Perubahan sistem PMB tahun ini memang belum begitu dimengerti sejumlah siswa kelas III sekolah menengah atas, madrasah aliyah dan sekolah menengah kejuruan (SMA, MA, SMK).

 

Seperti dituturkan Nita, salah seorang siswa SMA di Me-dan, dalam sistem PMB terse-but, dia bersama teman-teman sekolahnya sengaja mendatangi kampus USU untuk menda-patkan informasi. Bagi Nita dan teman-temannya, sistem PMB baru ini membuka peluang dua kali mengikuti testing masuk di PTN, baik yang tergabung di UMB SMPB USU maupun SNMPTN. (aje)