Gempa 7,2 SR Goncang Bengkulu

Bengkulu ( Berita ) :  Rentetan gempa terus menghantam wilayah Bengkulu sejak dua hari terakhir, hari ini gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) kembali goncang Bengkulu pukul 15:36 WIB dan sempat membuat panik masyarakat.

Beradasarkan keterangan Koordinator Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bengkulu Fahmiza SE, Senin [25/02] , gempa berpotensi tsunami tersebut berlokasi di 165 Km baratdara Kabupaten Muko Muko di kedalaman 10 Km.

Pusat gempa berada di posisi 2.66 Lintang Selatan – 99,63 Bujur Timur, goncangan gempa dirasakan hingga Kota Bengkulu berjarak 300 Km dari Muko Muko. Getaran gempa dirasakan hingga III-IV Modified Mercally Intensity (MMI) yang terasa cukup kuat. Belum diperoleh keterangan mengenai kerusakan ataupun korban jiwa, baik di Muko Muko maupun daerah lainnya di Bengkulu.

 

Warga Siaga

Menyusul terjadinya gempa berkekuatan 7,2 SR yang melanda wilayah Bengkulu sekitar pukul 15:36 WIB, warga Kabupaten Muko Muko yang daerahnya cukup kencang digoncang gempa, kini tengah bersiaga menghadapi kemungkinan terjadinya gelombang pasang tsunami.

Kepala Bappeda Muko Muko Ir Husaini Nurdin yang dihubungi ANTARA via telepon, Senin, mengatakan, sebagian besar warga di daerahnya merasakan goncangan gempa yang sangat kuat, dan sebagian warga kini dalam situasi siaga karena gempa tersebut berpotensi tsunami.

Menurut Husaini, ketika gempa terjadi masyarakat Muko Muko sedang menghadiri pameran pembangunan di lapangan setempat berkaitan dengan HUT ke-4 Kabupaten Muko Muko.

“Warga sempat berlarian meninggalkan arena pameran begitu ada goncangan kuat, termasuk pejabat dan tamu undangan dari kabupaten tetangga, yaitu Bupati Kerinci,” katanya.

Warga menjadi panik karena mereka mendapat informasi bahwa gempa 7,2 SR itu berpotensi tsunami sehingga ada yang langsung lari mengungsi dan sebagian bersiaga menunggu perkembangan air laut, katanya.

Husaini juga menjelaskan, Bupati Muko Muko Ichwan Yunus dan Plt Sekda Ir Satria Razali saat ini meninjau ke lokasi yang rawan ancaman tsunami.

Di Kota Bengkulu, sejumlah warga dan pegawai sempat berlarian ke luar rumah akibat goncangan gempa yang dalam dua hari terakhir terus melanda wilayah Bengkulu.

Di Pantai Panjang Kota Bengkulu, sejumlah warga mengaku tak merasakan getaran gempa dan mereka tetap bermain di pingir pantai, sebagian lagi duduk-duduk di bawah pohon.

Rentetan gempa terus menghantam wilayah Bengkulu sejak dua hari terakhir, Senin pukul 15:36 WIB, gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) kembali goncang Bengkulu dan sempat membuat panik masyarakat.

Beradasarkan keterangan Koordinator Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bengkulu Fahmiza SE, Senin, gempa berpotensi tsunami tersebut berlokasi di 165 Km baratdaya Kabupaten Muko Muko di kedalaman 10 Km.

Pusat gempa berada di posisi 2.66 Lintang Selatan – 99,63 Bujur Timur, goncangan gempa dirasakan hingga Kota Bengkulu berjarak 300 Km dari Muko Muko. Getaran gempa dirasakan hingga III-IV Modified Mercally Intensity (MMI) yang terasa cukup kuat. Belum diperoleh keterangan mengenai kerusakan ataupun korban jiwa, baik di Muko Muko maupun daerah lainnya di Bengkulu. ( ant )