Gunung Berapi Chile, Llaima, Meletus

Santiago ( Berita ) :  Gunung berapi Llaima di Chile selatan Selasa meletus, menyebarkan asap bagaikan bulu bergulung-gulung dan berlapis-lapis di sekitar taman hutan belantara seraya menurunkan abu, yang memaksa evakuasi puluhan wisatawan, kata para pejabat yang menangani keadaan darurat.

Namun demikian, sejauh itu tidak ada laporan-laporan mengenai kerusakan dan jatuhnya korban, baik tewas maupun cedera.

Gunung berapi ini terletak di wilayah Araucania, di Chile selatan, di sisi Taman Nasional Conguillo dan berjarak sekitar 82 kilometer dari kota Temuco.

Televisi setempat menayangkan gambar yang menunjukkan gulungan asap gelap yang bisa disaksikan beberapa mil jauhnya.

Sebelum meletus, penduduk di kota-kota terdekat gunung berapi tersebut mengatakan bahwa mereka mendengar suara gaduh yang keras di dalam tanah.

“Kami diperintahkan untuk mengungsikan lebih dari 100 turis yang berada di sekitar Conquillo, di mana abu telah jatuh dalam jumlah yang sangat banyak, kata Carmen Fernandez, direktur Kantor Darurat Nasional Chile kepada para wartawan.

Kantor tersebut mengatakan, bahwa gunung berapi itu mulai meletus sekitar pukul 18:20 waktu setempat dan mulai menyemburkan lava ke sisi timur gunung tersebut.

Seorang pejabat dari kantor darurat itu mengatakan, pihaknya masih belum mendapat kejelasan apakah letusan itu telah berhenti atau masih terus berlanjut.

Gunung berapi Llaima dengan ketinggian 3.125 meter (10.253 kaki), merupakan salah satu dari banyak gunung berapi aktif di Chile, yang memang secara berkala meletus. ( ant/rtr )