BNP Sumut Akan Bangun Panti Rehabilitasi Narkoba

Medan ( Berita ) : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam waktu dekat akan membangun sebuah panti rehabilitasi khusus narkoba di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

Ketua Badan Narkotika Provinsi (BNP) Sumut, Rudolf M Pardede, pada penandatanganan kerjasama antara BNP Sumut dengan Tim Penggerak PKK Sumut di Medan, Jumat (8/06), mengatakan, panti rehabilitas sangat penting untuk melepaskan generasi muda dari ketergantungan terhadap narkoba.

Menurut Rodulf yang juga Gubernur Sumut, dewasa ini semakin banyak kalangan generasi muda di daerah itu yang terjebak pengaruh narkoba dan sulit melepaskan diri.

“Panti rehabilitasi itu sendiri lebih dimaksudkan untuk pembinaan bukan sebagai hukuman,” katanya.

Ia menambahkan, pembangunan dilakukan dengan memanfaatkan bekas bangunan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang sesuai kerjasama yang dijalin dengan Departemen Sosial. “Menteri Sosial bahkan telah menyetujui rencana ini,” katanya.

Dalam kerjasama itu disepakati Tim Penggerak PKK Sumut akan membantu dan menyiapkan anggotanya dalam penyuluhan dan pembinaan yang dilakukan BNP Sumut.

Ketua Tim Pengerak PKK Sumut, Vera Natarida Tambunan, mengatakan, kerjasama itu dilakukan karena melihat bahayanya penggunaan dan peredaran gelap narkoba.

Narkoba semakin merajalela, padahal uang negara telah banyak digunakan untuk menanggulanginya, katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan penyuluhan ke beberapa daerah mengenai bahaya penggunaan dan peredaran narkoba, salah satunya di Kabupaten Dairi dengan meminta kepada Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten agar menyiapkan waktu selama satu jam setiap minggu bagi siswa untuk mendapatkan penyuluhan.

Tim Penggerak PKK Sumut juga akan menyurati Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota agar membantu penyuluhan narkoba di daerah masing-masing, ujarnya. (ant)